Sungai Baru Siap Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi

Bangka Barat – Sungai Baru siap mengikuti kegiatan perlombaan kelurahan di tingkat provinsi. Kelurahan Sungai Baru lebih memenuhi kriteria penilaian untuk mengikuti lomba. Selain tertib administrasi, masyarakat kelurahan ini juga sangat menjunjung tinggi nilai-nilai kekeluargaan.

Demikian dikatakan Rahmad Dalu Camat Muntok, Rabu (20/5/2015). “Nilai kekeluargaan kami tuangkan dalam kegiatan Jumat Bersih, Jumat Sehat dan Jumat Bersilaturahim (3J). Nilai kekeluargaan merupakan pondasi kuat untuk mencapai masyarakat tertib, rukun dan damai," ujarnya.

Tak hanya tingkat provinsi. Menurut Rahmad, keberhasilan Kelurahan Sungai Baru juga bisa diikutsertakan dalam perlombaan kelurahan tingkat nasional. Sebab kelurahan tersebut merupakan penyandang predikat terbaik di antara tiga kelurahan di Kabupaten Bangka Barat.

Sebagaimana diketahui, perlombaan desa dan kelurahan merupakan salah satu upaya meningkatkan pembangunan masyarakat atas dasar kekuatan sendiri. Kegiatan ini juga meneliti dan menilai keberhasilan usaha masyarakat melakukan pembangunan desa dan kelurahan selama satu tahun.

Seperti dilansir sebelumnya, hari ini Rabu (20/5/2015) Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bersama tim penilai lomba desa dan kelurahan tingkat provinsi melakukan evaluasi dan penilaian. Setelah mengunjungi Desa Buyan Kelumbi, tim kemudian menilai Kelurahan Sungai Baru, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat.

Edy Sudarsono Lurah Sungai Baru, Kabupaten Bangka Barat menjelaskan, pelaksanaan perlombaan desa dan kelurahan ini merupakan aplikasi pelaksanaan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2007 tentang Pedoman Penyelenggaraan Perlombaan Desa dan Kelurahan. Sementara ini, Kelurahan Sungai Baru merupakan wilayah binaan Kecamatan Muntok.

Menghadapi penyelenggaraan perlombaa desa dan kelurahan, jelasnya, telah melaksanakan berbagai persiapan. Sejak tahun 2015 sudah mengikuti beberapa kegiatan seperti lomba Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan berhasil mendapat juara I untuk tingkat kabupaten. Adanya kegiatan ini diharapkan dapat menyampaikan informasi mengenai program pemerintah.

“Khususnya informasi pemberdayaan masyarakat dan desa disampaikan secara cepat dan tepat, agar dapat melakukan pembinaan dan persiapan lebih awal,” ungkapnya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Imelda Ginting
Fotografer: 
Imelda Ginting
Editor: 
Huzari