Susun Peta Pikiran, Peserta Coba Temukan Interprestasi Kawasan Strategis Pariwisata Mentok

Mentok -- Untuk dapatkan ciri khas suatu kawasan pariwisata,  peserta workshop susun peta pikiran kawasan wisata Kota Muntok.

Narasumber, Wiwien mengatakan bahwa tujuan interprestasi ini agar masyarakat dan pelaku usaha dapat memaparkan secara lengkap dan detail mengenai daya tarik wisata di Muntok.

" Peserta nantinya memaparkan apa saja yang dapat dijabarkan mengenai daya tarik wisata Kota Muntok seperti Timah,  Keharmonisan,  Wisata Kebangsaan,  serta Pecinannya " kata Wiwien saat memandu peserta untuk membuat interpretasi kawasan strategis pariwisata Kota Muntok.

Riny salah satu peserta memaparkan bahwa keharmonisan merupakan salah satu daya tarik wisata di Kota Muntok. Keharmonisan tersebut menghasilkan percampuran budaya. 

" Keharmonisan tidak hanya terlihat dari infrastuktur saja seperti  tempat ibadah yang letaknya berdampingan, namun keharmonisan tersebut juga terlihat pada kehidupan sehari-hari karena saat ini etnis Thionghoa yang di kenal dengan budaya minum teh,  kini sudah mulai beralih ke budaya minum kopi yang umumnya dilakukan oleh orang Melayu. Untuk kuliner keharmonisan juga terlihat dari kuliner Thionghoa yang sudah menyesuaikan bahan makanannya dengan bahan makanan yang halal.Salah satu contoh di sini ada yang dikenal dengan nama " Mie Mualaf".Teknik memasak mie tersebut masih menggunakan teknik memasak gaya Thionghoa hanya saja bahannya yang sudah disesuaikan " kata Riny menjelaskan.

Pada kesempatan ini Wiwien juga mengatakan bahwa paparan yang disampaikan ini dapat di aplikasikan menjadi sebuah paket tour mengingat banyak daya tarik yang ditawarkan.

"  Percampuran budaya ini menggambarkan keharmonisan yang melahirkan beragam keunikan daya tarik wisata yang membuat orang penasaran" katanya

Lain halnya Agung salah satu peserta dari Museum Timah Indonesia di Muntok memaparkan mengenai sejarah bangunan yang saat ini sudah beralih fungsi menjadi Museum Timah. Agung menjelaskan secara detail mulai dari sejarah timah, proses penambangan timah sampai menghasilkan balok- balok timah. Selain itu beliau juga menuturkan bahwa sampai saat banyak wisatawan yang tertarik untuk mengetahui sejarah timah.

Kegiatan Penyusunan Interpretasi Kawasan Strategis Kota Muntok ini diikuti oleh peserta dari masyarakat, instansi,  pelaku usaha pariwisata serta komunitas. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Prov. Babel hari ini akan berlangsung hingga esok hari, Jumat (6/9) di Hotel Pasadena.Kabupaten Bangka Barat.

Sumber: 
Disbudpar Babel
Penulis: 
Imelda