Syahrudin: Sektor Perikanan Dapat Berperan Besar Bagi Pembangunan Perekonomian Babel

Sungailiat – Lomba masak ikan tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan acara Gemar Ikan tahun 2017 berlangsung meriah. Tampak masyarakat berbondong-bondong turut memeriahkan acara tersebut yang digelar di D’Garden, yang dihadiri oleh Staff Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Syahrudin, Wakil Bupati Bangka Rustamsyah, Ketua TP PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Hj. Melati Erzaldi, dan Wakil ketua TP PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Hj. Laksmi Abdul Fattah.

Acara lomba tersebut diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK.

Dalam sambutannya Syahrudin menyampaikan bahwa Bangka Belitung memiliki potensi yang besar dalam sektor perikanan dan kelautan, mengingat Bangka Belitung sebagian besar wilayahnya terdiri dari perairan. Diharapkan sektor perikanan dapat berperan besar dalam pembangunan perekonomian di Bangka Belitung.

“Potensi yang dimiliki Bangka Belitung dalam sektor perikanan dan kelautan ini luar biasa. Untuk itu perlu diwujudkan menjadi suatu sarana yang manfaatnya benar-benar dapat dirasakan secara berkelanjutan demi tujuan pembangunan daerah,” ujar Syahrudin

Syahrudin juga menyampaikan bahwa sudah diupayakan pembangunan perikanan dan kelautan untuk dikelola secara berkelanjutan dengan basis ekonomi kerakyatan dengan prinsip industrialisasi dengan sistem manajemen perikanan yang lebih berorientasi kepada pasar.

“Suatu komoditas perikanan harus mampu diolah sehingga dapat memberikan nilai tambah (value added) terhadap produk akhirnya. Nilai tambah yang diperoleh dari pengembangan produk olahan hasil perikanan ini akan jauh lebih tinggi dari hasil perikanan dalam bentuk utuh,” jelas Syahrudin.

Oleh karena itu, pendekatan pembangunan perikanan untuk kedepannya akan diarahkan pada pengembangan produk dan tidak lagi difokuskan pada peningkatan produksinya saja. Dan kegiatan lomba memasak serba ikan yang diadakan setiap tahunnya tersebut menjadi salah satu pendukung pengembangan produk tersebut. Sedangkan dalam rangka mengakselerasi peningkatan konsumsi ikan di masyarakat, Kementerian Kelautan dan Perikanan menginisiasi gerakan memasyarakatkan makan ikan (gemarikan) untuk membangun kesadaran gizi masyarakat supaya gemar mengkonsumsi ikan.

Berdasarkan data statistik Dinas Kelautan dan Perikanan hingga semester pertama tahun 2017, angka konsumsi ikan masyarakat Bangka Belitung sudah relatif tinggi jika dibandingkan dengan provinsi lain. Hal ini mengindikasikan bahwa ikan dan produk hasil perikanan lainnya merupakan salah satu panganan wajib yang sering dikonsumsi oleh masyarakat babel. Dan angka konsumsi ikan negara maju seperti Jepang bisa mencapai 110kg/perkapita/tahun

Salah satu implementasi untuk senantiasa meningkatkan angka konsumsi ikan melalui kegiatan gemarikan adalah dengan promosi edukatif. Peningkatan konsumsi ikan dalam bentuk safari gemarikan dan lomba masak serba ikan yang

Untuk pelaksanaan lomba masak serba ikan, Syahrudin menyampaikan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan secara berjenjang dari tingkat Kabupaten/Kota hingga Nasional. Pada tingkat nasional nanti akan dilaksanakan untuk yang ke 15 kalinya dan diikuti oleh juara pertama lomba masak serba ikan tingkat provinsi.

Syahrudin berharap dengan pelaksanaan berbagai kegiatan tersebut dapat memberi manfaat dan dampak yang baik bagi peningkatan dan kemajuan serta kesejahteraan masyarakat Bangka Belitung. “Saya berharap berbagai kegiatan ini dapat membangun generasi bangsa yang berkualitas, sehat, kuat, cerdas sehingga mampu bersaing dalam menghadapi tantangan global di masa mendatang,” tutup syahrudin.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
khalimo
Fotografer: 
Khalimo