Syaiful Zachri : Distributor Berperan Penting Dalam Menjaga Kestabilan Harga Sembilan Bahan Pokok

 

 

Pangkalpinang – Pemerintah provinsi kepulauan Bangka Belitung bersama Polda Babel menggelar acara sosialisasi Harga Eceran Tertinggi Bahan Pokok kepada pemangku kepentingan dalam rangka stabilisasi harga dan distribusi bahan pokok menjelang natal 2017 dan tahun baru 2018. Sosialisasi ini di selenggarakan di Rumah makan Pagi Sore Air Itam – Pangkalpinang pada hari selasa (13/12/2017), dengan nara sumber Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Yuliswan, dan Kepala Polisi Daerah Babel Syaiful Zachri.

Pada kesempatan tersebut Kapolda Babel Syaiful Zachri berharap tidak terjadi gejolak inflasi dari sembilan bahan pokok yang dapat mempengaruhi inflasi nasional. Terkait stabilitas bahan pangan sembilan bahan pokok Ia menyebutkan, para distributor di Bangka Belitung memiliki peran yang penting.

“Kami dari pihak kepolisian bertugas untuk mengawasi, dan diharapkan dapat didukung oleh semua distributor. Karena apabila terjadi inflasi kenaikan maka akan dibebankan kepada keuangan negara. Sesuai dengan penjelasan kementerian pertanian, kenaikan seribu rupiah dari satu kilogram beras yang terjadi secara nasional, maka dana yang akan dikeluarkan kurang lebih 40 triliun,” jelas nya

Dalam hal ini, pemerintah sudah mengkaji dengan harga eceran tertinggi sebagai acuan atau patokan, yang sudah disesuaikan dengan biaya produksinya, dimana rakyat tetap dapat menjangkau kebutuhan pokok, namun disisi lain para pelaku usaha pun tidak dirugikan.

Selanjutnya Syaiful Zachri juga mengungkapkan bahwa ada momen-momen tertentu yang mengakibatkan terjadinya peningkatan harga diluar harga eceran. “Kami juga memahami, mungkin karena cuaca yang tidak baik yang mengakibatkan jalur distribusi terhambat atau pun hal-hal yang lain, namun saya harap bukan ada maksud monopoli atau penimbunan untuk keuntungan sepihak,” ungkapnya.

Maka dengan adanya pertemuan dengan para pemangku mengenai sosialisasi Harga Eceran Tertinggi Bahan Pokok tersebut, Ia berharap hasil dari pertemuan dapat menjadi komitmen bersama.

“Saya harap dengan sosialisasi Harga Eceran Tertinggi ini, kita semua bisa saling berkoordinasi dan mendukung pemerintah dalam kestabilan harga.” pungkasnya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
khalimo
Fotografer: 
Khalimo