Tajuddin: Unsur Budaya Tradisional Menjadi Daya Tarik

Jakarta – Hasil survei Kementerian Pariwisata, 60 persen wisata budaya menampilkan kegiatan unsur budaya tradisional  masih menjadi daya tarik dan diminati wisatawan. Selanjutnya angka survei menunjukan 30 persen tertarik wisata alam, sepuluh persen atraksi pendukung sektor wisata lainnya.

Demikian dikatakan Tajuddin Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, di hadapan pelaku pariwisata, di Jakarta, Sabtu (16/5/2015). “Kekhasan nilai unsur adat budaya masyarakat Bangka Belitung diharapkan dapat menjadi daya tarik pelaku wisata,” harapnya.

Lebih jauh Tajuddin mengenalkan wisata kota pusaka di Kota Pangkalpinang dan Muntok, Kabupaten Bangka Barat. Pasalnya di Kabupaten Bangka Barat terdapat tempat pengangsingan Soekarno Presiden RI pertama, tepatnya di Gunung Manumbing.

“Bangka Belitung juga mempunyai agrowisata di Kabupaten Bangka Tengah, serta kawasan pantai indah seperti di Belitung dan Belitung Timur dengan ikon Laskar Pelangi,” jelasnya  

Hal senada disampaikan Hermanto Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Belitung. Ia menjelaskan mengenai agenda pariwisata yang akan diselenggarakan di Belitung di antaranya, kegiatan Belitung Expo, Festival Laskar Pelangi  yang diprakarsai Andrea Hirata pada Agustus nanti dan Sail Wonderful Indonesia bulan Oktober.

Pengembangkan sektor pariwisata Bangka Belitung terus digalakan. Salah satu langkah yang dilakukan yakni menggandeng Association of the Indonesian Tour & Travel Agencies (ASITA) mengadakan kegiatan promosi melalui roadshow wisata. Target kegiatan tersebut agen travel lokal maupun luar serta pihak media massa nasional cetak maupun media online .

Anugrah Gusta Prima Koordinator Pameran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengungkapkan, kegiatan roadshow wisata difokuskan pada table top exhibition yang mempertemukan pelaku usaha wisata di Bangka Belitung dengan yang ada di luar daerah.

“Pemerintah provinsi mencoba membantu pelaku usaha wisata di daerah supaya bisa membangun jaringan usaha wisata dengan agen travel luar dan beberapa media massa. Tujuannya agar Bangka Belitung dijadikan sebagai destinasi paket wisata,” harap Anugrah.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Stevani
Fotografer: 
Reni
Editor: 
Huzari