Tak Hanya Jelaskan Program, Yulizar Sempat Kenalkan Kuliner dan Potensi Wisata

PANGKALPINANG -- Rombongan bagian kerja sama Semarang, Provinsi Jawa Tengah tak hanya mendapatkan penjelasan mengenai program kerja sama luar negeri yang telah dilakukan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pasalnya rombongan ini juga dikenalkan dengan kuliner dan potensi wisata.

Asisten I Setda Kepulauan Bangka Belitung Bidang Pemerintahan dan Kesra Yulizar Adnan menawarkan agar rombongan bisa berkunjung ke Pulau Belitung. Mengenai transportasi, terdapat empat penerbangan dari Bangka ke Belitung. Selain itu, ada juga penerbangan dari Belitung yang langsung ke Pulau Jawa.

"Pulau Belitung dikenal dengan seribu warung kopi dan kampung Ahok. Sedangkan daerah Gantung terkenal dengan cerita Laskar Pelangi karya Andrea Hirata," jelas Yulizar saat menyambut rombongan bagian kerja sama Semarang, Provinsi Jawa Tengah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Senin (22/10/2018).

Danang Purwanto ketua rombongan Semarang, Provinsi Jawa Tengah mengatakan, pemerintah Semarang ingin mempelajari sistem kerja sama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan salah satu universitas di Malaysia. Kerja sama luar negeri di Semarang dijadikan satu dan menjadi tugas biro pemerintahan.

"Dalam hal ini yang ingin dipelajari mengenai perizinan kerja sama di bidang pendidikan tersebut. Sehingga proses kerja sama ini nantinya dapat juga diterapkan di Semarang ," jelasnya.

Sementara Haris Kabiro Pemerintahan Setda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjelaskan, banyak kerja sama yang akan dilakukan pemerintah provinsi. Terutama di bidang pendidikan serta mengelola lingkungan hidup. Dalam hal ini terkait pengelolaan lingkungan eks tambang.

"Kita juga melakukan kerja sama di bidang budaya dan pariwisata. Ada juga kerja sama di bidang Litbang. Namun terdapat kerja sama di bidang pendidikan dengan salah satu negara dan sekarang tidak dilanjutkan lagi," papar Haris.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Huzari
Fotografer: 
Adi Tri Saputra