Tegakkan Disiplin Pegawai Sesuai Kondisi Kerja

Pangkalpinang – Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung disidak (inspeksi mendadak) Tim Pembinaan Disiplin CPNS, PNS, PTT Pemprov Babel, Selasa (7/4/2015). Sidak tersebut bertujuan membina kedisiplinan pegawai di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Noviar Ishak Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyambut baik kedatangan Tim Pembinaan Disiplin tersebut. Ia mengatakan, PNS harus disiplin. Sikap disiplin seorang pegawai dapat ditunjukan dari kemampuan mencapai target kerja.

“Kalau di Diskomifo, saya tidak terlalu memperhatikan prosesnya. Melainkan saya lebih mementingkan produk,” tegasnya saat diskusi dengan Tim Pembinaan Disiplin CPNS, PNS, PTT di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di ruang rapat Diskominfo, Selasa (7/4/2015).

Terdapat beberapa peraturan yang mengikat disiplin pegawai. Menyikapi mengenai sejumlah aturan tersebut, ia mengatakan, dengan kondisi pekerjaan di lapangan membuat beberapa peraturan menjadi ‘terlanggar’ dengan tidak sengaja. Untuk pegawai yang bekerja bagian teknis, tentunya akan sulit jika harus mengikuti aturan masuk dan pulang kerja sebagaimana yang telah diatur.

Ia mencontohkan, pranata humas yang ada di Diskominfo kerapkali melakukan liputan untuk mempublikasikan kegiatan pemerintah hingga larut malam. Untuk kondisi pegawai seperti ini tidak mungkin dipaksakan harus tetap mengikuti apel pagi. Begitu juga jika melakukan liputan saat sore hari, karena berada di lapangan sehingga tidak bisa melaksanakan apel sore.

Menjelaskan pekerja di Bidang Aptel Diskominfo, ia mengatakan, tak jarang pegawai di bidang Aptel melakukan pemasangan kabel jaringan hingga malam hari. Kondisi-kondisi seperti ini membuat pegawai harus melanggar aturan. Pegawai bekerja hingga malam hari, namun belum jelas mengenai pembayaran uang lemburnya.

“Mereka (pegawai-red) tidak bayar lembur. Apakah mungkin karena tidak mengikuti apel, uang tunjangannya dipotong. Jadi dalam melaksanakan pekerjaan, saya menyesuaikan antara peraturan dengan kondisi kerja,” ujarnya.

Kendati demikian, jelasnya, untuk pegawai yang tidak melaksanakan tugas-tugas teknis di lapangan tetap harus mengikuti peraturan apel pagi maupun sore. Untuk persoalan ini, teladan seorang pimpinan sangat dibutuhkan. Sebab bawahan akan mencontoh sikap pimpinannya.

Peraturan menjadi koridor bagi PNS dalam melaksanakan tugas. Menurutnya, namun tak jarang dalam praktek kerja harus mempertimbangkan kondisi. Sebab kinerja pegawai tidak bisa hanya diukur dengan pelaksanaan apel saja. Kalau hanya dinilai dari apel, mekanisme kerja di Diskominfo tidak akan berjalan baik. Namun harus dipahami, dengan kondisi saat ini tidak ada lagi pegawai yang tidak masuk kerja tanpa keterangan.

“Jika pegawai tidak masuk kerja harus ada keterangan jelas,” ujarnya seraya memegang handphone.

Sebelumnya Maskupal Bakri Anggota Tim Pembinaan Displin CPNS, PNS, PTT di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengatakan, seluruh pegawai di lingkungan Provinsi Bangka Belitung wajib mengikuti apel pagi dan sore. Aturan untuk melaksanakan apel tersebut dalam upaya meningkatkan kedisiplinan pegawai dalam bekerja.

“Sidak ini merupakan penugasan dari Gubernur. Kita berupaya meningkatkan kedisiplinan pegawai," tegas

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Suci Lestari
Fotografer: 
Suci Lestari | Rizky
Editor: 
Huzari