Temuan Saat Natak ke Pasar Pagi Pangkalpinang, Gubernur Tawarkan Kenyamanan Pasar

PANGKALPINANG -- Setelah menghangatkan badan dengan berolahraga pagi di Alun-Alun Taman Merdeka (ATM) Pangkalpinang, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman melanjutkan aktivitas di hari Jumat (9/3).

Kali ini Gubernur Babel bersama Pjs Walikota Pangkalpinang  Asyraf Suryadin, melakukan program Natak Kampung ke Pasar Pagi Pangkalpinang. Pasar tradisional yang sudah ada sejak puluhan tahun ini mendapat perhatian serius dari Gubernur Erzaldi. Dalam Natak Kampung kali ini,  pria yang akrab disapa Bang Er atau Bang Ded  menemui pedagang, dan warga yang sempat terkejut dengan kedatangan orang nomor satu di Provinsi Babel tersebut.

Sejumlah pedagang menyampaikan berbagai hal terkait fasilitas dan aktivitas jual beli di Pasar Pagi. Beberapa pedagang juga mengeluhkan mulai  sepinya pembeli karena warga lebih memilih berbelanja di pasar modern.

Mendengar berbagai saran dan masukan dari pedagang ini, Erzaldi mengaku telah menyiapkan solusi mengenai permasalahan tersebut. Ia berjanji akan lebih mensejahterakan para pedagang pasar tradisional agar mampu bersaing dengan pasar modern yang mulai bermunculan di Pangkalpinang.

​Salah satu caranya, kata Erzaldi adalah dengan meningkatkan fasilitas di pasar tradisional. Sehingga baik pedagang atau pun pembeli nyaman berada di pasar tradisional.

"Kita usahakan di lokasi pasar ini nantinya pembeli dan penjual merasa nyaman, pembeli bisa nyaman berbelanja, display dagangannya menarik," ujar Erzaldi.

Gubernur tak menampik jika saat ini banyak warga yang malas berbelanja di pasar tradisional karena faktor infrastruktur yang kurang baik termasuk juga  mengenai faktor keamanan.

"Saat ini kan citra pasar tradisional kumuh dan kurang  aman. Nah makanya nanti fasilitasnya akan ditingkatkan agar konsumen tertarik berbelanja di pasar tradisional," ucap Gubernur.

Selain faktor infrastruktur, menurut  Erzaldi, salah satu kelemahan pasar tradisional dibanding pasar modern adalah mengenai persaingan harga. Pasangan Berkah pada Pilgub Babel 2017 ini menilai pasar modern lebih gencar melakukan promo produk sehingga lebih bisa menarik konsumen.

"Pasar modern melakukan promo yang gencar sehingga menarik konsumen, sebetulnya bisa dibuat kolaborasi bersinergi tanpa harus saling dihadap-hadapkan. Nah itu butuh Pemprov turun tangan untuk memastikan kehadiran mereka bisa bersinergis karena pangsa pasarnya berbeda," tukas Erzaldi.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Evani
Fotografer: 
Istimewa
Editor: 
Irwanto