Tiga Desa dan Tiga Kelurahan Siap Tanding, Yulizar: Mencari yang Terbaik

PANGKALPINANG -- Sebanyak tiga desa dan tiga kelurahan siap beradu argumentasi dalam hal percepatan perkembangan daerah. Sejumlah desa tersebut di antaranya,  Desa Kimak Kabupaten Bangka, Desa Sekar Biru Kabupaten Bangka Barat dan Desa Suakbual Kabupaten Belitung.

Sementara tiga kelurahan yang akan bertanding dalam ajang penetapan desa dan kelurahan terbaik yakni, Kelurahan Temberan Kota Pangkalpinang, Simpang Perlang Kabupaten Bangka Tengah serta Kelurahan Tanjung Pendam Kabupaten Belitung.

Yulizar Adnan Asisten Pemerintahan dan Kesra Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengatakan, evaluasi perkembangan desa dilaksanakan untuk mengetahui efektivitas kemajuan dan kemandirian masyarakat, desa serta kelurahan.

Evaluasi ini dalam hal pemerintah, kemasyarakatan dan sejumlah aspek lainnya. Lebih jauh Yulizar menjelaskan, evaluasi perkembangan ini dilakukan pada sejumlah desa dan kelurahan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Kemudian diperoleh tiga desa dan kelurahan dengan hasil penilaian tertinggi," kata Yulizar saat membuka acara Rapat Pleno Penetapan Tiga Desa dan Kelurahan Terbaik serta Pemasaran Calon Juara, di Meeting Room Balitong Resort, Rabu (12/6/2019).

Adanya lomba ini, kata Yulizar, menjadi salah satu dasar untuk melakukan pembinaan dalam upaya percepatan perkembangan suatu desa. Sebab lomba ini dilakukan secara berjenjang. Peserta pemenang tingkat kabupaten ikut lomba tingkat provinsi.

Selanjutnya, jelas Yulizar, pemenang tersebut kini mengikuti lomba tingkat provinsi dan jika menang akan mewakili Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada lomba tingkat regional Sumatera. Pemenang itu nantinya akan menghadiri temu karya tingkat nasional.

Perlombaan ini tidak hanya mencari desa atau kelurahan dengan nilai tertinggi. Namun, jelas Yulizar, semua ini bertujuan mendorong dan menjadi mekanisme menciptakan spirit motivasi kemajuan dan perkembangan ke arah positif.

"Kita perlu meningkatkan perkembangan ke arah positif. Semangat perlu diperlukan bukan hanya disaat lomba, namun yang penting adanya perkembangan suatu desa," tegas Yulizar.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Huzari
Editor: 
Padli