Tim Evaluasi SAKIP Tidak Hanya Menilai Dengan Angka

Pangkalan Baru – Penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) oleh Tim Evaluasi akan dilakukan pada tanggal 31 Oktober – 2 November 2018. Untuk itu seluruh kepala perangkat daerah wajib hadir dan tidak boleh diwakili.

Hal ini disampaikan oleh Ananda Juharsah selaku ketua tim evaluasi dari Kemenpan RB. Ia pun juga mengatakan bahwa mengevaluasi reformasi dan akuntabilitas, juga dapat dinilai dengan non angka dalam penilaian SAKIP.

“Karena Bukan angka yang menjadi satu-satunya menjadi penilaian, namun juga didampingi dengan naratif sebagai penilaian. Dasarnya memang based on document, tapi kepedulian dan mindset juga sebagai aspek penting dalam evaluasi,” terang Ananda.

Dalam kesempatan yang sama Kamaruddin selaku KemenparRB Asisten Deputi Bidang Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan I, bahwa evaluasi PanRB juga memperhatikan secara keseluruhan.

“Dengan dilakukan evaluasi secara mendalam kepada unit-unit kerja tertentu, karena kita ingin tahu betul kedalamannya pada tingkat unit kerja,” ujar Kamaruddin.

Untuk itu Kemenpan RB melakukan survey secara internal dan eksternal dengan bekerja sama dengan Badan Pusat Statistik. Survey internal dilakukan terhadap pegawai-pegawai terkait integritas jabatan agar jelas bahwa pegawai tersebut benar-benar mengetahui tugas dan fungsinya.

 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Khalimo
Fotografer: 
Khalimo