Tim Koordinasi Kerjasama Daerah (TKKSD) Provinsi Bangka Belitung Bahas Tiga Draft Perjanjian Kerjasama

Pangkalpinang - Tim Koordinasi Kerjasama Daerah (TKKSD) Provinsi Bangka Belitung hari ini menggelar rapat pembahasan tiga draft perjanjian kerjasama. Ketiga perjanjian kerjasama itu antara lain perjanjian kerjasama antara Pemprov Bangka Belitung dengan Buka Lapak, perjanjian kerjasama antara Pusat Aplikasi Isotop dan Radiasi Tenaga Nuklir Nasional dengan Disperindag Provinsi Bangka Belitung, serta tindak lanjut Letter of Intent antara Pemprov Bangka Belitung dengan WHITRAP Shanghai China.

Kepala Biro Pemerintahan Setda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung M. Haris mengatakan ketiga perjanjian kerjasama ini akan dibahas secara matang untuk kemudian ditindak lanjuti melalui penandatangan kerjasama. Seperti perjanjian kerjasama dengan Buka Lapak, Haris menjelaskan kerjasama ini adalah sebagai landasan menjalin kerjasama dalam melaksanakan pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang bertujuan untuk menaikkan kelas usaha pelaku UMKM di Provinsi Bangka Belitung melalui Program Penggerak Pelapak.

“ Jadi, kerjasama ini sebagai landasan menjalin kerjasama dalam melaksanakan pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk menaikkan kelas usaha pelaku UMKM di Provinsi Bangka Belitung melalui Program Penggerak Pelapak, “ kata Haris di Ruang Rapat Nyiur Melambai Kantor Gubernur Babel, Senin (3/12/2018).

Ia menjelaskan, ada beberapa ruang lingkup yang dibahas dalam program kerjasama dengan Buka Lapak. Antara lain, pengintegrasian program dan kegiatan pembinaan pemasaran produk melalui marketplace online bukalapak.com kepada pelaku UMKM, koordinasi para pihak, ruang khusus untuk pelapak UKM Babel, serta voucher cashback untuk produk khas Babel.

“ Ruang lingkup kerjasama ini akan kita bahas secara detail apa-apa saja sehingga tidak merugikan kedua belah pihak, “ ujarnya.

Selanjutnya, mengenai perjanjian kerjasama antara Pusat Aplikasi Isotop dan Radiasi Tenaga Nuklir Nasional dengan Disperindag Provinsi Bangka Belitung, Haris mengungkapkan ini merupakan kerjasama untuk menindaklanjuti perjanjian kerjasama sebelumnya antara Pemprov Babel dengan Badan Tenaga Nuklir Nasional tentang pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi nuklir untuk kesejahteraan masyarakat Bangka Belitung.

Menurut Haris, tujuan perjanjian kerjasama ini adalah untuk saling membantu, membina, mengembangkan, mengamalkan dan memanfaatkan kemajuan Iptek nuklir dibidang pertanian melalui kegiatan terpadu antara para pihak dalam mengendalikan mikroorganisme pada lada untuk meningkatkan higienisitas dan memperpanjang masa simpan lada sehingga mampu bersaing di pasar global yang nantinya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Provinsi Bangka Belitung.

Lebih jauh, Haris menjelaskan tentang tindak lanjut Letter of Intent antara Pemprov Bangka Belitung dengan WHITRAP Shanghai China ini akan menjadi kerjasama yang mengorganisasikan kegiatan yang terkait dengan pendekatan implemetasi UNESCO’s Recommendation on the Historic Urban Landscape (HUL), dengan tujuan untuk mempromosikan dan memperkuat nilai-nilai dasar, proses konservasi inklusif dan menggunakan aset warisan budaya dan budaya lokal untuk mengarahkan perencanaan dan perancangan kota.

“ Pada dasarnya, semua perjanjian kerjasama yang akan dibuat ini bertujuan untuk memajukan pembangunan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan juga meningkatkan perekonomian masyarakat Babel. Dengan itu, kesejahteraan masyarakat akan terwujud, “ tegas Haris.

 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Suci Lestari
Fotografer: 
Suci Lestari
Editor: 
Fitra