Tim KTNA Babel Gelar Rapat Bahas Persiapan Agenda Nasional

PANGKALPINANG- – Pada Kamis (8/2) lalu, Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Bangka Belitung melaksanakan Rakor Kegiatan Rembug Tani Nasional KTNA ke-47 yang dihadiri oleh berbagai organisasi perangkat daerah di Aula Dinas Pertanian Provinsi Babel.  Acara tersebut membahas persiapan acara agenda nasional yang akan dilaksanakan pada tanggal 21-24 September 2018.

Rakor tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Panitia Rembug Tani Nasional  Judnaidy bersama Ketua Umum KTNA Winarno Tohir.

Ada beberapa hal yang dibahas dalam rapat tersebut, seperti dari seksi transportasi membahas mengenai kehadiran undangan yang berjumlah kurang lebih 2500 orang pengurus KTNA provinsi dan kabupaten dari seluruh wilayah Indonesia. Maka perlu dibahas lebih lanjut mengenai jumlah kedatangan penerbangan dan yang dibutuhkan.

Bagi kedatangan para peserta yang dari wilayah Sumatera mungkin dapat disiasati menggunakan transportasi laut. Selanjutnya jumlah kendaraan yang diperlukan untuk menuju lokasi acara juga patut diperhitungkan.

Dari seksi protokoler, membahas perlu adanya koordinasi lebih lanjut dengan Kabag Humas dan Kabag Protokoler terkait kedatangan para tamu VIP.

Selanjutnya dari seksi promosi dan dokumentasi, Dinas komunikasi dan Informatika akan melakukan promosi kegiatan melalui radio provinsi dan RRI. Kemudian Dinas Kebudayaan dan Pariwisata berpartisipasi dalam pentas seni selama acara berlangsung.

Sementara itu Judnaidy juga menyinggung mengenai Pekan Nasional KTNA, yang merupakan perlehatan akbar temu tani nelayan seluruh Indonesia yang diadakan setiap empat tahun sekali. Dalam Pekan Nasional tersebut akan digelar segala sesuatu mengenai ilmu pertanian, yang dipamerkan segala bentuk jenis pertanian dari hulu hingga hilir, yang diikuti oleh sekitar 50.000 orang.

“Gubernur kita berharap Bangka Belitung dapat menjadi tuan rumah untuk Pekan Nasional berikutnya di tahun 2024, mengingat tahun 2020 yang menjadi tuan rumah adalah Sumatera Barat,” pungkas Judnaidy.

Dengan para pengurus KTNA seluruh Provinsi dan Kabupaten yang berjumlah 2500 orang tersebut, lokasi Pekan Nasional akan ditentukan berdasarkan voting. Untuk itu diharapkan kerjasama dari berbagai sektor terkait untuk dapat meraih posisi tuan rumah berikutnya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Khalimo
Fotografer: 
Khalimo
Editor: 
Irwanto