Tim Seleksi Verifikasi Berkas Pelamar KID

Pangkalpinang - Tim seleksi siap melakukan verifikasi berkas pelamar komisioner Komisi Informasi Daerah (KID) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pasalnya, 25 berkas pelamar telah diserahterimakan dari tim pembantu seleksi kepada tim seleksi, Jumat (6/9/2013). Rencanannya, besok (7/9/2013) tim mulai menentukan pelamar yang layak mengikuti proses rekrutmen selanjutnya.

Arka'a, Wakil Ketua Tim Seleksi KID Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjelaskan, tim akan melihat kelengkapan administrasi berkas pelamar. Bagi peserta yang memenuhi ketentuan dan syarat pendaftaran, dapat mengikuti proses rekrutmen selanjutnya. Panitia akan berusaha mencari orang-orang yang kompeten mengisi posisi di komisi tersebut.

"Saat ini sudah cukup banyak orang yang mengerti mengenai kewenangan KID. Agar kewenangan tersebut tidak disalahgunakan, maka proses seleksi harus dilakukan dengan baik," jelasnya usai menerima berkas pelamar KID di Kantor Kominfo Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Lebih jauh ia menjelaskan, dalam rekrutmen nanti tim seleksi akan mempertimbangkan mengenai keterwakilan perempuan. Selain keterwakilan perempuan, keterwakilan warga Belitung juga menjadi pertimbangan. Kendati demikian, proses seleksi tetap dilaksanakan sesuai ketentuan.

"Pertimbangan tersebut dilakukan, jika pelamar memang benar-benar memenuhi syarat. Dalam melakukan seleksi berkas pelamar, kita minta tim pembantu seleksi juga dilibatkan," tegasnya.

Pelamar yang lolos seleksi administrasi, kata Arka'a, berhak mengikuti tes potensi akademik. Kemudian peserta wajib membuat makalah maksimal empat halaman, minimal tiga halaman dengan ukuran huruf 12 poin times new roman, jarak 1,5 spasi. Makalah merupakan hasil karya sendiri, bukan memplagiat karya orang lain. Jika makalah yang dibuat mengutip karya orang lain, harus menampilkan daftar pustaka.

"Standar makalah yang harus dibuat pelamar yakni, harus ada pendahuluan, pembahasan dan penutup," jelasnya.

Di kesempatan sama, Marwan Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengatakan, jika Sabtu tanggal 7 September tim seleksi sudah melakukan verifikasi berkas, maka tanggal 8 September sudah ada nama-nama pelamar yang lulus. Selanjutnya nama pelamar yang lulus tersebut akan diumumkan di website Babelprov.go.id milik pemerintah provinsi atau dikontak melalui telepon dan SMS.

Sebanyak 25 berkas yang masuk, jelas Marwan, terdapat tiga pelamar usianya belum mencapai 35 tahun sebagaimana disyaratkan. Mengenai persoalan ini sudah diinformasikan ke tim seleksi, dan tim seleksilah yang menentukan nasib pelamar itu. Namun jika dilihat dari persyaratan, peserta tak cukup umur sudah tidak memenuhi ketentuan administrasi.

"Semua keputusan mengenai proses rekrutmen ini kita serahkan kepada tim seleksi. Jika tak ada kendala, tanggal 12 nanti pelaksanaan tes potensi akademik," ujarnya.(hzr/adit)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Huzari | Adit Tri Saputra
Fotografer: 
Adi Tri Saputra
Editor: 
Huzari