Tindakan Penanganan Banjir Cepat, Logistik dan Peralatan Evakuasi sudah Disiapkan

PANGKALPINANG -- Hujan berlangsung sejak Sabtu malam (10/3/2018) membuat beberapa daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terendam air. Menyikapi kondisi ini Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman menginstruksikan agar dinas, badan, instansi terkait turun langsung mambantu masyarakat.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Mikron Antariksa mengatakan, akibat hujan yang berlangsung cukup lama ini membuat ruas jalan di Pal 3 Air Putih, Muntok, Kabupaten Bangka Barat putus. Selain itu, kondisi serupa juga terjadi di jembatan ke arah Desa Kundi.

"BPBD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah menurunkan personel untuk membantu masyarakat. Sebanyak 100 personel telah diturunkan," kata Mikron via WhatsApp, Minggu pagi (11/3/2018).

Sejumlah personel ini dari BPBD provinsi, Bangka Tengah dan Pangkalpinang. Selain itu bergabung juga personel TAGANA, BASARNAS, RAPI serta SATPOL PP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Tak hanya membantu evakuasi, sebab personel juga dikerahkan untuk membawa logistik. Menurut keterangan Mikron, logistik dan peralatan evakuasi serta jembatan bailey sudah siaga untuk diberangkatkan ke daerah yang membutuhkan.

Hingga pukul 10.30 WIB, kondisi di lokasi bencana masih relatif aman, terutama di daerah Kabupaten Bangka Tengah karena banjir belum melanda ke pemukiman penduduk.

"Kondisi di Pangkalpinang dan Kabupaten Bangka juga masih relatif aman, karena air laut taruk di posisi angka 17. Begitu juga di Belitung dan Belitung Timur. Sementara ini posko didirikan di Kantor Pos Muntok dan dumplap," kata Mikron menjelaskan kondisi di lapangan.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Huzari
Fotografer: 
istimewa
Editor: 
Irwanto