Tingkatkan Kapasitas Karang Taruna Dinsos Gelar Bimtek

Pangkalpinang - Karang taruna adalah organisasi sosial kemasyarakatan juga sebagai wadah dan sarana pengembangan setiap anggota masyarakat yang tumbuh dan berkembang atas dasar tanggung jawab sosial, oleh, dari dan untuk masyarakat khususnya generasi muda diwilayah desa/kelurahan yang terutama bergerak di bidang usaha kesejahteraan sosial.

Untuk meningkatkan kapasitas pengurus karang taruna dalam menyelenggarakan usaha ekonomi produktif, Dinas Sosial Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyelenggarakan Bimbingan Teknis Karang Taruna 2018 di Hotel Renz Pangkalpinang, Selasa (18/09/2019).

Aziz Harahad selaku Kepala Dinas Sosial dalam sambutannya mengarahkan agar peserta kegiatan ini mampu mengekplorasi potensi yang ada di lingkungan sekitar dalam upaya meningkatkan kesejahteraan sosial yang berbasis pada sumber daya alam yang tersedia serta memaksimalkan keahlian asli pemuda pemudi anggota karang taruna.

Peserta berjumlah 30 orang yang terdiri dari 6 Karang Taruna yang berdomisili di Kabupaten/Kota di  Bangka.

Narasumber yang dihadirkan antara lain Kepala Dinas Sosial mengupas tentang Karang Taruna sebagai salah satu lembaga kemasyarakatan dan Kabid Dayasos Ibu Ir. Ria Eliyati Situngkir berfokus pada Manajemen dan Pemberdayaan Karang Taruna serta Nurjanah, M.Pd dari STKIP Muhammadiyah Pangkalpinang dengan materi pengembangan UEP dalam rangka usaha kesejahteraan sosial. Materi-materi yang diberikan sebagai pembekalan dalam menganalisis potensi desa, peluang usaha, modal usaha dan penguatan mitra kerja.

Kegiatan ini jug menghadirkan salah satu karang taruna berprestasi dari Desa Jelutung untuk memaparkan prestasi yang sudah diraihnya dan usaha ekonomi produktif yang dikelola karang taruna tersebut. Tujuannya agar bisa menginspirasi dan memotivasi karang taruna lain.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Denny Kamajaya (Pranata Humas Dinas Sosial)
Editor: 
Fitra