Tingkatkan Pengawasan, Petugas dan Produsen Benih Gelar Pertemuan

Pangkalpinang - Benih merupakan sarana produksi penting dalam kegiatan usaha tani. Benih yang bermutu menjanjikan produksi yang baik dan bermutu pula. Sebaliknya, bila benih yang digunakan tidak memenuhi standar mutu maka hasilnya pun tidak akan sesuai harapan.

“Pada akhirnya untuk menjamin tersedianya benih tanaman pangan yang bermutu maka perlu diadakan pertemuan koordinasi diantara para stakeholder yang terkait yaitu Dinas Pertanian Provinsi, Dinas Pertanian Kabupaten dan Kota, Pengawas Benih Tanaman (PBT) dan para produsen benih tanaman pangan,” kata Kepala Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Toni HA Batubara ketika membuka Pertemuan Koordinasi Pengawas Mutu Benih Tanaman Pangan di Hotel Aksi Pangkalpinang, Kamis 4 Oktober 2018.

Kegiatan yang difasilitasi oleh UPTD Pengawas dan Sertifikasi Mutu Benih  Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tersebut berlangsung selama dua hari hingga Jumat tanggal 5 Oktober 2018. Hampir seluruh produsen benih padi baik yang tergabung dalam Program Desa Mandiri Benih (DMB) maupun produsen benih swadaya hadir pada pertemuan tersebut. Turut pula mendampingi para pejabat dan petugas yang membidangi perbenihan tanaman pangan dari Dinas Pertanian Kabupaten/Kota.

Menurut Toni pembangunan pertanian bertujuan untuk meningkatkan produksi pertanian tanaman pangan guna mencapai swasembada pangan serta meningkatkan produksi tanaman industri dan tanaman ekspor. Selain itu lanjut Toni, pembangunan pertanian juga diarahkan untuk mewujudkan agroindustri dalam negeri, menciptakan lapangan kerja serta berusaha meningkatkan pendapatan petani.   

“Dalam rangka mencapai hal-hal tersebut tidak dapat dihindari dari peggunaan benih unggul yang merupakan mata rantai pertama dalam proses budidaya tanaman. Jika benih yang digunakan tidak memiliki kualitas yang tinggi maka tanaman tidak akan memberikan hasil yang tinggi pula,” ujar Toni.

Sementara itu, Ketua Poktan Rukun Makmur Muhamad Zubir sebagai  salah satu produsen benih yang hadir pada pertemuan koordinasi tersebut berkomitmen untuk terus meningkatkan produksi benih padi yang sesuai dengan standard mutu.

“Menjaga mutu benih adalah kewajiban kita bersama. Usaha ini akan terus kami jalankan karena kebutuhan benih di daerah kita sangat besar,” kata Zubir

Sumber: 
Dinas Pertanian
Penulis: 
Hairil Anwar
Fotografer: 
Hairil Anwar