Tuang Rumah FL2SN, Ribuan Orang Kunjungi Babel pada Bulan Agustus

PANGKALPINANG -  Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan Festival Lomba Seni Siswa Nasional Tingkat Nasional (FL2SN) jenjang Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (PKLK). Ajang bergengsi lomba seni dan budaya tingkat nasional bagi pelajar ini diselenggarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dan akan berlangsung pada bulan Agustus 2018 mendatang.

Ribuan orang yang terdiri atas pelajar, guru, orangtua siswa, pelaku seni dan budaya dan aparatur sipil negara dari 34 provinsi di Indonesia akan datang dan berkumpul di Bangka Belitung. Penyelenggaraan FL2SN ini akan berpusat di Kota Pangkalpinang dengan mengambil tempat atau lokasi lomba yang menyebar.

Berbagai persiapan terus dilakukan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk menyukseskan ajang bergengsi tingkat pelajar ini, seperti menggelar rapat yang dilaksanakan di ruang Romodong Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Selasa (05/06/2018).

Peserta rapat selain dari Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, juga dari Dinas Perhubungan, Dinas Sesehatan, Satpol PP, UMKM, Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Biro Umum dan Perlengkapan, serta dinas lainnya di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dipercayakan oleh Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan RI untuk menjadi tuan rumah pelaksanaan kegiatan FL2SN tingkat nasional pada jenjang SD, SMP dan pendidikan kebutuhan khusus pada  bulan Agustus 2018 nanti,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Muhammad Soleh.

Menurut Soleh, pelaksanaan FL2SN direncanakan akan dibuka langsung oleh Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy.

Soleh mengungkapkan, jumlah peserta yang akan mengikuti kegiatan FL2SN ini diperkirakan 1000 lebih peserta. “ Jadi jumlah peserta yang akan datan untuk mengikuti lomba mencakup untuk siswa SD 438 peserta, jenjang SMP 721 peserta, dan pendidikan khusus 757 peserta. Selain peserta ada juga pendamping dari masing-masing kontingen dan para orang tua sehingga melebihi 1000 peserta,” katanya.

Ada pun tempat pelaksanaan masing-masing jenjang lomba di antaranya dilaksanakan di Alun-Alun Taman Merdeka Pangkalpinang, GOR Sahabuddin dan Graha Timah.  “Permintaan dari pihak penyelenggaran untuk kegiatan lomba FLS2N jenjang SMP permintaannya dilaksanakan di Alun-alun Taman Merdeka dengan pertimbangan melalui even ini masyarakat juga bisa menyaksikan, selain itu juga di Graha Timah dan di GOR Sahabuddin untuk kegiatan pembukaannya,” jelas Soleh.

Pada rapat siang itu, juga dibahas mengenai persiapan-persiapan yang dibutuhkan selama pelaksanaan acara diantaranya mulai dari persiapan data akomodasi penginapan, persiapan kendaraan transportasi, perlengkapan, keamanan, persiapan sarana sanitasi bagi peserta dan persiapan lainnya.

Untuk jenjang SD bidang lomba yang dipertandingkan lomba menyanyi tunggal, seni tari, pantomim, gambar bercerita, sedangkan jenjang SMP bidang yang dipertandingkan festival kreativitas tari, festival kreativitas musik tradisional, lomba gitar solo, lomba menyanyi solo, dan lomba desain poster

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Stevani
Fotografer: 
Stevani
Editor: 
Mamaq