Universitas Agung Podomodo Berikan Pelatihan untuk UKM Babel

PANGKALPINANG-- Universitas Agung Podomoro melakukan survei potensi Babel sekaligus memberikan pelatihan Pengembangan Industri Kreatif Masyarakat di Kepulauan Bangka Belitung yang berlangsung 8-10 Februari 2018 di Babel.

Rangkaian kedatangan tim yang terdiri  lima orang dari Universitas Agung Podomoro ini diawali dengan Survei pada Kamis (8/2)  ke objek wisata seperti Mangrove, Hutan Pelawan, kebun lada dan Museum Cual. Selain itu, survei juga dilakukan dengan mengunjungi pengrajin (UKM) seperti tempat pembuatan getas, pembuatan cual dan sebagainya.

“Saya sangat terkesan, walaupun UKM tetapi kebersihan sangat terjaga, termasuk di objek wisata seperti mangrove,” ungkap  Santi Palupi, Deputi Wakil Rektor Universitas Agung Podomoro sebagai ketua tim kunjungan ke Babel.

Dijelaskan lebih lanjut terdapat  tiga materi yang diberikan hari Jumat  ini diantaranya, materi pertama, pengembangan olahan produk dengan memberikan dua resep olahan makanan yang mengangkat kearifan lokal yaitu kue cubit bumbu rusip dan resols isi kerang agar dikemas bagus hingga menjadi oleh-oleh yang khas. Materi kedua, packaging dan brand produk untuk meningkatkan pasar yang lebih baik. Materi ketiga, pemberdayaan masyarakat dengan pengelolaan home stay.

“Hari ke tiga besok, kita akan melakukan survei kembali ke beberapa titik di kabupaten lain di Bangka,” jelas Santi terkait agenda selama berada di Pulau Bangka.

Sementara istri Gubernur Babel, Melati menyatakan  pelatihan ini sangat menarik, bahkan materi yang disampikan unik. Peserta dari kabupaten/ kota bahkan tetap mengikuti materi hingga akhir.

 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Nonadp
Fotografer: 
Nonadp
Editor: 
Irwanto