Usai Memberi Bantuan Mobil Bus Sekolah, Begini Kata Gubernur Erzaldi

BANGKA BARAT -- Kini anak sekolah Dusun Kamang Masam, Desa Air Putih, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat tak lagi susah untuk berangkat ke sekolah. Pasalnya kesulitan mereka telah teratasi berkat bantuan bus sekolah yang diberikan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman, Kamis pagi (11/10/2018).

Tampak senyum sumringah menghiasi sejumlah anak sekolah saat menumpang bus bantuan tersebut. Anak-anak ini tak perlu mengeluarkan ongkos, pasalnya pemerintah provinsi tak hanya membantu bus, melainkan juga menganggarkan dana operasional bus tersebut.

Rencananya bus sekolah ini akan mengantarkan pelajar sebanyak dua kali sehari. Berangkat pertama pukul 05.30 WIB, setelah sampai ke sekolah, lalu bus balik lagi untuk menjemput pelajar berikutnya. Masyarakat diajak Gubernur Erzaldi  agar menjaga dan merawat bus ini. Penggunaan bus hanya untuk pelajar,  bukan mengantar warga ke pasar.

Gubernur Erzaldi mengatakan, bus sekolah ini tetap milik pemerintah provinsi, namun pengelolaan dilakukan warga. Sekarang pelajar bisa naik bus secara gratis, ke depan akan diterapkan sistem karcis. Untuk mendapatkan karcis ini, pelajar bisa menukarkan dengan sampah plastik. Ini bagian upaya menjaga kebersihan lingkungan.

"Saya ingin warga merasa memiliki. Penukaran karcis menggunakan sampah plastik untuk mengurangi pencemaran akibat limbah plastik. Jika plastik ini dibakar, asapnya dapat membuat orang terkena sakit kanker," kata Gubernur Erzaldi.

Tak hanya itu, menurut Gubernur Erzaldi, langkah selanjutnya yakni menyediakan bantuan berupa mesin bijih plastik. Sehingga plastik yang dikumpulkan dari hasil penukaran tiket bus sekolah dapat diolah dan dimanfaatkan. Semua ini demi menunjang ekonomi masyarakat sekitar.

"Harga karet terus turun, namun masyarakat harus bersabar. Karet yang ada jangan ditebang, melainkan lahan ditumpang sari dengan tanaman jagung. Nanti kita bantu berikan bibit jagung dan pupuk secara gratis. Silahkan ajukan, kalau bisa lahannya lebih dari 50 hektare," saran Gubernur Erzaldi.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Huzari
Fotografer: 
Mamaqdudah