Wagub Audiensi Bersama Komunitas Pekerja Sastra Bangka Belitung

Pangkalpinang  - Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Beliting, Drs. H. Abdul Fatah, M.Si., menerima kedatangan Komunitas Pekerja Sastra Bangka Belitung, diruang kerja Wakil Gubernur, Kehadiran para penggiat sastrawan ini untuk melakukan audiensi serta menjalin silaturahmi terkait perkembangan dunia kesastraan, pada har Senin (30/10/2017) bertempat di Ruang Kerja Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung.

seperti nilai kemanusiaan yang dapat  membangun secara keseluruhan serta menumbuhkan kebudayaan yang sebenarnya 

Ian Sancin, Koordinator Pekerja Sastra Babel mengatakan sastra sangat penting dalam kehidupan dan dapat membangun kebudayaan bangsa. Ketika bidang lain dapat menggeserkan sendi kehidupan manusia dan nilai - nilai kemanusiaan, sastra dapat mengontrol serta mengingatkan manusia untuk menjaga moral dan budi pekerti manusia. " Melalui dunia kesastraan dapat menggugah anak bangsa untuk menjaga nilai kemanusiaan yang mulai terkikis oleh peradaban zaman," terang Ian.

Selanjutnya, Ian Sancin melanjutkan untuk membangun karakter sikap masyarakat melalui sastra dapat dilakukan dengan mengembangkan kegemaran membaca di kalangan anak-anak dan generasi muda. "Dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda, kami mengumpulkan semua siswa siswi tingkat SLTA di Pangkalpinang untuk mengapresiasi sastra dengan cara menyelenggarakan membaca puisi agar dapat menumbuhkan 
ketertarikan generasi muda agar mencintai dunia sastra," kata Ian.

Dunia sastra di Babel Belitung telah memberikan kontribusi dimana telah lahir sastrawan handal seperti Andre Hirarta dengan karya yang berjudul laskar Pelangi. Dengan munculnya sastrawan Bangka Belitung diharapkan dapat memacu semangat para penggiat sastrawan lain untuk terus berkarya. "Perkembangan sastra saat ini di Bangka Belitung, sangat baik ditandai dengan banyaknya muncul beberapa penulis serta telah membukukan karyanya. Saya sendiri telah menulis dan membukukan dua (2) novel yang menceritakan sejarah Pulau Belitung abad ke-17 dan ke-18," jelas Ian.

Sementara itu, Wakil Gubernur Kepuluan Bangka Belitung Abdul Fatah mengapresiasi apa yang telah dilakukan Penggiat Sastra dalam mengembangkan kesastraan di daerah. Hal tersebut dilakukan untuk lebih meningkatkan kemampuan dan kreativitas serta mendorong perkembangan kesastraan untuk melahirkan serta menghadirkan penulis sastra handal yang dapat mengembangkan daerah.

"Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sangat mendukung apa yang telah dilakukan komunitas sastra dalam mengenalkan dan menumbuhkan semangat menulis dan membaca di kalangan pelajar. Hal tersebut bertujuan sebagai bentuk aktualisasi diri dalam membentuk karakter pada diri," ujar Wakil Gubernur.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Erwin