Wagub : Dekranasda Memiliki Peran Penting Menjaga dan Mengembangkan Hasil Kerajinan Lokal

Pangkalpinang - Hasil kerajinan lokal sebagai suatu perwujudan perpaduan keterampilan untuk menciptakan suatu karya dan nilai keindahan, merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari suatu kebudayaan. Kerajinan tersebut tumbuh melalui proses waktu dan perlu terjaga mutu kreativitas maupun kelestarian penyediaan produk kerajinan lokal tesebut.

“ Bagaimana agar budaya lokal yang telah dikembangkan tidak hilang. Maka disini peran Dekranasda bagaimana menggali, mengembangkan dan melestarikan warisan budaya lokal," tegas Wagub.

Demikian diungkapkan Wakil Gubenur Kepulauan Bangka Belitung Abdul Fatah dalam pelantikan pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung  periode 2017-2022, hari Rabu (20/09/2017) bertempat di gedung PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.  

Menurut Wakil Gubernur, Dekranasda hadir untuk menjaga dan mengembangkan kerajinan lokal sebagai warisan pendahulu yang perlu dilestarikan. Pentingnya menjaga dan melestarikan hasil kerajinan lokal, nilai keunikan dan kekhasan yang terkandung dalam hasil kerajinan budaya lokal.

Dengan menggali dan melestarikan kerajinan-kerajinan yang merupakan warisan budaya, suatu produk kerajinan memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri karena terkandung nilai keberagaman budaya yang ada di Bangka Belitung," tegas Wagub.

Selain menjaga keberadaan hasil kerajinan budaya lokal sebagai, Wagub berharap agar Dekranasda mampu mengembangkan nilai ekonomi dari kerajinan yang dihasilkan oleh masyarakat lokal.

“Variasi hasil kerajinan lokal di Bangka Belitung sangat banyak. Saya melihat peran Dekranasda adalah bagaimana produk kerajinan tersebut dapat dipasarkan baik di lokal, nasional dan jika memungkinkan di pasar internasional," tegas Wagub. Selain itu, Wagub berharap Dekranasda dapat membantu pengrajin lokal meningkatkan produktifitas dan kualitas kerajinan lokal.

Jika hasil kerajinan-kerajinan ini dari sisi tampilannya masih kurang, saya berharap Dekranasda membantu para pengrajin untuk menghasilkan produk yang memiliki nilai jual sehingga dengan adanya nilai jual produk tersebut dapat membantu ekonomi masyarakat,” ungkap Wagub.

Hal senada disampaikan oleh Ikhwan Asrin bahwa sebagai mitra pemerintah, Dekranasda dapat menjadi wadah yang menjembatani pemerintah dengan para pengrajin dalam menjaga dan mengembangkan potensi budaya lokal khususnya dari sisi hasil kerajinan.

Karena peran Dewan Kerajinan adalah mensinergikan harapan yang dibutuhkan para pengrajin dan pemerintah dapat memberikan solusi apa yang dibutuhkan oleh para pengrajin agar ekonomi daerah dapat tumbuh melalui usaha kerajinan,” tegas Ikhwan.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
stevani
Fotografer: 
Lulus ( Biro Humas Sekretaris Daerah Prov.Babel)