Wagub : Eropa Timur Merupakan Pangsa Pasar Potensi Untuk Produk Komoditi Perkebunan

PANGKALPINANG -  Menindaklanjuti kunjungan kerja dan pertemuan dengan duta besar Indonesia untuk negara Rumania, M.Amhar Azeth beserta staf hari ini Jum’at (06/09) ke bangka belitung guna membahas perihal penjajakn peluang bisnis dan pangsa pasar eksport dari produk-produk komoditi bangka belitung, wakil gubernur kep. BABEL, Abdul Fatah menyampaikan apresiasi dan dukungannya.

“ Kalau saya melihatnya apa yang disampaikan oleh dubes tadi sangat bagus untuk menambah wawasan pandang kita yang berkaitan dengan pasar dunia khususnya di negara Rumania dan tadi disampaikan bagaimana mekanisme untuk masuk dalam jalur pedagangan eksport ke eropa timur khususnya “, ungkap Wagub Abdul Fatah.

Wagub juga menjelaskan bahwa dari pertemuan tersebut, saat ini negara – negara di eropa timur merupakan pangsa pasar internasional yang berpotensi.untuk eksport produk-produk komoditi Indonesia seperti halnya komoditi perkebunan dari babel

“ tadi juga dijelaskan bahwa ada pangsa pasar lain yang potensial selain negara-negara di eropa barat seperti halnya melalui pangsa pasar eropa timur seperti Rumania, ”, ungkap Wagub.

Komoditi produk yang memiliki nilai eksport untuk pangsa pasar di eropa timur dari hasil pertemuan tersebut diungkapkan wagub diantaranya adalah produk-produk hasil perkebunan seperti halnya Gaharu dan Lada Putih serta produk perikanan seperti udang vaname.  

“ Misalkan rencananya kita (red: pemerintah) mau memperkenalkan komoditi perkebunan seperti Gaharu, kemudian juga untuk produk Lada ini yang kami (red: pemerintah) coba pasarkan di sana dan untuk sektor perikanan nya rencananya kami coba perkenalkan udang vaname itu“, tutur Wagub.

Ditambahkan Wagub dari pertemuan tersebut, pihak kedubes juga mengundang pemerintah provinsi dan perwakilan pengusaha untuk melihat potensi pangsa pasar dan sekaligus memperkenalkan atau memasarkan produk-produk komoditi dari babel yang memiliki potensi eksport di negara-negara eropa timur

“ lalu pada tanggal 20 September nanti pihak kedubes akan menyelenggarakan kegiatan bisnis forum dan pihak kedubes mengundang pemerintah provinsi untuk mengikuti kegiatan tersebut yang diadakan di rumania selain itu juga pihak kedubes menyiapkan booth (red: pameran) untuk pemprov babel guna memasarkan dan memperkenalkan produk-produknya”, tutur Wagub

 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Stevani
Fotografer: 
Stevani