Wagub Ingin Memperkuat PPID

PANGKALPINANG – Keterbukaan informasi publik membuat pemerintah harus mampu menyediakan informasi yang dibutuhkan masyarakat. Memenuhi kebutuhan informasi menjadi salah satu bentuk pelayanan aparatur sipil negara. Untuk itu diperlukan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) piawai, sehingga segala kebutuhan informasi terpenuhi.

Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Abdul Fatah mengharapkan agar PPID di lingkungan pemerintah provinsi dapat menjalani tugas dengan baik. Pasalnya memenuhi kebutuhan informasi merupakan bagian pelayanan. Kendati demikian, aparatur juga harus pandai dan mengetahui informasi seperti apa yang boleh diberikan kepada masyarakat.

“Bimtek merupakan salah satu strategi memperkuat keberadaan pejabat pengelola informasi di lingkungan pemerintah provinsi. Hendaknya pelaksanaan bimtek tersebut dapat dilakukan sesegera mungkin,” kata Wagub saat serah terima laporan kinerja Komisi Informasi Daerah (KID) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di ruang kerja wagub, Senin (12/6/2017).

Setiap organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung harus mengikutsertakan satu orang mengikuti bimtek. Selain itu, Wagub ingin keberadaan KID Provinsi Bangka Belitung juga diperkuat dengan menerbitkan perda. Sebab keberadaan KID selama ini hanya berdasarkan peraturan gubernur.

Sebelumnya Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Bangka Belitung Cholil mengatakan, salah satu informasi yang dapat diberikan kepada masyarakat yakni mengenai profil organisasi perangkat daerah. Selanjutnya program-program yang akan dijalankan dan sedang berjalan di OPD, ini merupakan informasi wajib disediakan.

“OPD juga dapat menyediakan informasi bersifat serta merta. Informasi setiap saat itu di antaranya menyampaikan agenda kerja perangkat daerah. Sejumlah informasi ini nantinya akan terintegrasi, sehingga ketika ada masyarakat membutuhkan langsung dapat mengakses,” kata Cholil.

Sementera Ketua KID Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Rikky Permana mengajak perangkat daerah berkomitmen memberi pelayanan lebih baik. Sehingga terbentuk tata kelola pemerintahan yang dapat memberikan informasi sebaik-baiknya kepada masyarakat. Setiap perangkat daerah harus siap menyongsong era keterbukaan publik.

“Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sangat mendorong dalam memberikan pelayanan dan keterbukaan informasi. Kita berharap ke depan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dapat menjadi yang terbaik dalam memberi pelayanan keterbukaan informasi publik,” ungkapnya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Rizky/Huzari
Fotografer: 
Rizky