Wagub Launching Geoportal Babel

Pangkalpinang - Pembangunan Geoportal diperlukan untuk menjalankan amanat Undang-undang Nomor 4 Tahun 2011 tentang Informasi Geospasial. Tujuan pembangunan geoportal tersebut adalah untuk mempermudah berbagai hal dalam memberikan pelayanan publik dan mengekspos berbagai potensi yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, jelasnya.

Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Abdul Fatah mengharapkan pada tahun 2017 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sudah menyelesaikan Geoportal, dan pembagunan Geoportal di Bangka Belitung dapat didukung oleh seluruh stakeholder terkait. Hal terebut disampaikan oleh Wakil Gubernur pada acara Launching Geoportal Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Pada Simpul Jaringan Nasional, Senin (20/11/2017) bertempat di Ruang Pasir Padi Lantai III Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung.

"Untuk memberikan informasi kepada masyarakat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, maka Geoportal ini merupakan suatu keharusan yang harus segera dibangun. Dan ketertinggalan ini harus kita selesaikan setidaknya sampai akhir tahun 2017. Dan pada tahu 2018 kita mantapkan kembali agar dapat diselesaikan secara tuntas," tegas Wakil Gubernur.

Sebanyak 10 (sepuluh) wali data yang dibentuk dalam Geoportal Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pembentukan walidata diperlukan agar setiap wali data membuat dan menyediakan peta parsial di setiap Organisasi Perangkat Daerah dan nanti akan dikonfirmasi dan dikoordinasikan ke Badan Perencaaan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung selaku koordinator.

Wakil Gubernur mencontohkan bahwa provinsi lain telah memiliki geoportal bahkan provinsi dan kabupaten/kota di daerah lain sudah memperlihatkan bentuk geoportal mereka. Dan Wakil Gubernur berharap geoportal Bangka Belitung dapat terintegrasi dengan Simpul Jaringan Nasional pada tahun 2017.

Untuk mempercepat pembangunan geoportal Bangka Belitung, Wakil Gubernur mengatakan agar mempercepat pengisian data dan melakukan pertemuan rutin. 

"Bappeda untuk segera melakukan pertemuan setiap minggu dengan para wali data. Di tahap awal seluruh wali data harus hadir dalam setiap pertemuan, tolong diagendakan, saya akan hadir langsung pada pertemuan tersebut," tegas Wakil Gubernur.

Pada kesempatan tersebut, narasumber yang hadir pada Launching Geoportal Provinsi Kepulauan Bangka Belitung adalah Dr. Ing. Khafid dari Pusat Pengelolaan Dan Penyebaran Informasi Geospasial Deputi Bidang Insfrastruktur Informasi Geosparsial pada Badan Informasi Geosparsial.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Adit
Fotografer: 
Adit