Wagub Memotivasi Seluruh Instansi Untuk Meningkatkan Penilaian SAKIP Menjadi Predikat A

Pangkalan Baru – Penilaian Akuntabilitas Kinerja pemerintah provinsi kepulauan Bangka Belitung terus mengalami peningkatan, dimana penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2017 mendapat predikat B.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Gubernur Abdul Fatah dalam kegiatan Evaluasi Reformasi Birokrasi dan Evaluasi SAKIP Tahun 2018 di Hotel Novotel, pada hari kamis (31/10).

Penguatan akuntabilitas kinerja ini merupakan salah satu program yang sangat penting dan strategis bagi penyelenggaraan suatu pemerintahan daerah, karena instansi pemerintah dipacu untuk terus meningkatkan kualitas kinerjanya sejak perencanaan, pelaksanaan, hingga pelaporan.

Wakil Gubernur Abdul Fatah mengajak seluruh instansi untuk melaksanakan komitmen bersama agar terus mengalami berbagai perbaikan, dalam tata kelola pemerintahan yang efektf dan efisien dalam penggunaan anggaran, dengan memberikan pelayanan yang lebih baik.

“Birokrasi saat ini dihadapkan pada tantangan yang semakin berat. Masyarakat menuntut negara untuk hadir memberikan layanan yang terbaik. Sementara sumber daya dengan anggaran yang dimiliki terbatas. Sehingga sudah menjadi kewajiban Instansi pemerintah untuk dapat mewujudkan efektifitas dan efisiensi dalam penggunaan anggaran,” kata Wagub.

Dalam upaya mewujudkan akuntabilitas kinerja, dibutuhkan proses panjang untuk mendorong terjadinya perubahan fundamental. Dalam proses yang dilakukan, perlu pula melalui sejumlah terobosan sistematis dan inovasi produktif, yang lebih mengedepankan aspek pelayanan dan berorientasi hasil. Untuk itu Wagub memberi semangat agar terwujud peningkatan penilaian menjadi SAKIP A.

“Seluruh perangkat daerah di lingkungan pemprov memiliki andil yang sama dalam meningkatkan akuntabilitas kinerja, mari bersama-sama dengan semangat dan kerja cerdas kita berikhtiar mewujudkan SAKIP A,” pungkas Wagub.

Penilaian SAKIP ini akan dimulai tanggal 31 Oktober hingga tanggal 2 November 2018, yang akan dievaluasi oleh tim dari Kemenpan dan RB.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Khalimo
Fotografer: 
Khalimo