Wagub Minta ASN Bekerja dan Berkinerja Maksimal

PANGKALPINANG—Apartur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung diminta untuk bekerja dan berkinerja maksimal dalam rangka melayani kepentingan masyarakat. Anggaran yang bersumber dari rakyat yang diamanahkan kepada Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung hendaknya dikelola dengan baik sehingga memiliki kemanfaatan untuk rakyat.

Hal tersebut disampaikan Wakil Gubernur (Wagub) Kepulauan  Bangka Belitung, Abdul Fatah, saat memberikan pengarahan pada Acara Presentasi Dukungan Renstra Perangkat Daerah Dalam Pencapaian Visi Misi Gubernur Kepulauan Bangka Belitung oleh Perangkat Daerah, Senin (30/07/2018) di ruang pertemuan Pasir Padi Kantor Gubernur.

“Ingat, kita yang hadir di sini semuanya dibiayai oleh rakyat atau masyarakat, maka dari itu tunjukkan prestasi dan kinerja yang baik. Apa yang kita lakukan semuanya hanyalah demi untuk rakyat,” kata Wagub.

Wagub menambahkan, sesuai dengan Undang-Undang Dasar 1945 bahwa bumi dan air serta segala isinya adalah semuanya milik rakyat yang dikuasai oleh negara untuk kepentingan rakyat. Untuk itu segala kepentingan masyarakat, kiranya sudah tercover di dalam rencana panjang jangka menengah daerah (RPJMD) dan masing-masing program dari masing-masing OPD.

"Apakah sudah tercover di dalam Raperda yang diberikan kepada masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD) dan didalam renstranya, kalau belum maka itu masih harus dibenahi,"katanya.

Untuk itu Wagub berharap kepada pimpinan OPD dan bagian perencanaannya untuk dapat hadir langsung dalam kegiatan  ini. Sebab lanjut Wagub, masih ada OPD yang tidak mampu menemukan apa yang menjadi indikator atau tugas utama organisasinya. "Bagaimana mau memberikan perhatian, kebahagiaan dan kesejahteraan kepada rakyat, sementara tidak tahu mengukur seperti apa yang organisasi bisa berikan kepada rakyat," tegasnya.

Untuk itu ia meminta agar para peserta bekerja secara benar dan mengikuti panduan dari narasumber. “Harapan ini adalah tugas kita dan mulai berbenah diri menjalankan tugas dengan benar dan tidak menyimpang dari peraturan yang sebenarnya. Mari kita kerja bersama, kerja, kerja, kerja," ajaknya.

Harrie  Patriadi, Kepala Biro Organisasi mengatakan, maksud dan diselenggarakan kegiatan untuk melakukan pendampingan perangkat daerah dalam sistem akuntabilitas kinerja yang baik, serta memastikan bahwa ada sinergisitas antara program kegiataan perangkat daerah dengan  visi dan misi gubernur.

Ditambahkannya, peserta kegiatan ini sebanyak 84 orang yang terdiri kepala OPD yang didampingi Kasubag Perencanaan di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dengan narasumber  dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi RI.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Adi Tri Saputra
Fotografer: 
Adi Tri Saputra
Editor: 
Mamaq