Wagub Perkenalkan Kawasan Tanjung Gunung dan Tanjung Ular Kepada Dewan KEK

MUNTOK - Setelah KEK Tanjung Kelayang yang ada di Pulau Belitung, hari ini  Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui Wakil Gubernur Abdul Fatah memperkenalkan  Kawasan Tanjung Gunung Bangka Tengah dan Tanjung Ular Bangka Barat ke Dewan KEK Nasional untuk dijadikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

"Hari ini kita melihat apa yg ada di Tanjung Gunung dan Besok mudah-mudahan kita akan melihat kawasan Pantai Rebo Kabupaten Bangka, agar setiap daerah dapat kita bandingkan potensi yang ada didaerah masing masing," ungkap Wagub.

Kunjungan Kerja Dewan Nasional KEK ini merupakan permintaaan langsung dari Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman saat penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding / MoU) investasi untuk KEK yang berlokasi di Tanjung Kelayang Kabupaten Belitung pada tanggal 7 Juni 2017 di Kemenko Bidang Perekonomian Jakarta.

Adapun Kawasan yang diajukan yakni, Tanjung Gunung Bangka Tengah yang Lebih mengembangkan Water Sport, Resort, Hotel, Waterbom dan pusat kuliner. Sementara  Kawasan Tanjung Ular Bangka Barat akan dijadikan Pelabuhan, dan terakhir Kawasan Rebo Kabupaten Bangka.

Enoh, Sekretaris Dewan KEK Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Menilai Kawasan Tanjung Gunung cukup menarik dimana kawasan ini cukup dekat dengan Bandara yang hanya berjarak 7 KM, dan dekat dari Pusat Pemerintahan Pemprov Babel yang hanya berjarak 5 Km.

Kawasan KEK Tanjung Gunung ini sudah ada investor untuk mengembangkan daerah ini yakni PT.Pan Semujur dan untuk itu menurut dewan KEK ini perlu adanya kerjasama dan dukungan pemerintah secara utuh untuk Infrastruktur, Listrik dan pemberian Izin Amdal agar nanti pembanguanan tidak mengangu aktifitas masyarakat.

Selain memenuhi permintaan Gubernur Bangka Belitung Dewan KEK juga ingin melihat kondisi di Pulau Bangka Karena sejauh ini ada beberapa investor yang akan berinvestasi di Pulau Bangka.

"Ada beberapa investor besar yang melirik Pulau Bangka, untuk itu kita akan memfasilitasi dengan langsung melihat kondisi dilapangannya seperti apa, jelas ini akan memberikan multi player efek dan bisa menciptakan lapangan kerja yg banyak serta dapat menggerakkan perekonomian," ungkap Sekretaris Dewan KEK.

Tanjung Gunung akan dijadikan Water Sport.

Menurut Djohan Ridwan Hasan owner PT.Pan Semujur, Tanjung Gunung akan dibangun Jetty, sebagai pusat transportasi pulau-pulau yang ada disekitar Tanjung Gunung, membangun jalan yang menghubungkan Tanjung Gunung menuju pantai Tapak Dewa, membangun kawasan komersil seperti, Pasar Higienis, Hotel, Lapangan Golf, Apartemen, Bungalow dan Resto.  Selain itu PT Pan Semujur juga akan menata pesisir pantai Tapak Dewa menjadi kawasan ekonomi kreatif masyarakat Tanjung Gunung.

Adapun pulau-pulau wisata yang menarik yang ada disekitar Tanjung Gunung, yakni Pulau Panjang, Pulau Semujur, Gusung Asam, Gusung Pasir, Pulau Bebuar, dan Pulau Gelasa.

Tujuan Pengajuan KEK Tanjung Gunung ini, untuk meningkatkan potensi wisata kawasan pesisir pantai dan pulau pulau kecil, membangun pusat wisata yang terintegritas, membuka lapangan pekerjaan dan meningkatkan potensi pendapatan daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Evani/Suci Lestari
Fotografer: 
Suci Lestari