Wagub : Songsong Kejayaan Indonesia Dengan Ilmu Pengetahuan Dan Wawasan

PANGKALPINANG - Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Abdul Fatah, menerima kunjungan silaturrahmi Peserta Kirab Pemuda Tahun 2017, bertempat di Gedung Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, pada Kamis (09/11/2017).

Pada pertemuan tersebut, Wakil Gubernur didampingi oleh Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Suharto. Di depan 72 (tujuh puluh dua) peserta Kirab Pemuda, Wakil Gubernur menceritakan tentang geografi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. 

"Nama lain Bangka Belitung adalah Bumi Negeri serumpun sebalai. Karena negeri ini terdiri dari berbagai ragam suku, agama dan kebudayaan. Hal ini tidak hanya di Bangka Belitung namun juga  di seluruh negeri ini penuh dengan keberagamaan dan perbedaan. Jadi jika menempuh 34 Provinsi, kita akan menemukan berbagai budaya yang berbeda antara satu daerah dengan daerah lainnya." jelas Wakil Gubernur.

Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung juga mengingatkan kepada panitia khususnya Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Bangka Belitung, agar para peserta kirab dapat diberi kenang-kenangan berupa baju batik khas Bangka belitung. ""Kepada panitia agar menyediakan oleh-oleh khas Bangka Belitung agar ketika meninggalkan negeri serumpun sebalai ada yang kesan baik yang mereka ingat," ujar Wakil Gubenu.

Salah satu tempat tujuan peserta Kirab Pemuda adalah Kota Toboali. Menurut Wakil Gubernur, Toboali terkenal dengan pariwisata dan event yang menarik yaitu Toboali City on Fire, karena festival tersebut mengemas dan menampilkan seni budayanya seperti yang dilakukan di daerah Solo. Selain memperkenalkan pariwisata dan keindahan alam, Wakil Gubernur juga menceritakan bahwa Bangka Belitung sebagai negeri penghasil timah. Dan untuk selanjutnya, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan mengedepankan 3 (tiga) sektor yaitu pertanian perkebunan pertanian, pariwisata dan pengembangan UMKM.

"Songsonglah Indonesia sejak dini, di saat usia masih muda perbanyak dengan ilmu dan pengetahuan,"pesanWakil Gubenur.

Menurut Wakil Gubernur bahwa negara mengadakan kegiataan kirab pemuda adalah untuk memberi pengayaan wawasan kepada para pemuda sehingga dapat mengatahui belahan bumi Indonesia yang tersebar di 34 (tiga puluh empat) provinsi dengan ratusan kabupaten/kota.

Sementara itu, Ari Firdaus salah satu Perwakilan Bangka Belitung peserta Kirab Pemuda mengatakan memiliki kesempatan untuk mengelilingi 72 kota selama 72 hari, dan kirab pemuda merupakan kegiatan tahun pertama Kementerian Pemuda dan Olahraga. Saat pertama mengikuti kirab pemuda, Ari telah banyak bertemu dengan teman - teman yang berbeda suku, karakter dan budaya, serta merasakan kehangatan dan rasa kekeluargaan yang sangat luar biasa selama berada di kegiataan kirab pemuda. Ari berharap supaya kegiataan kirab pemuda ini bisa menjadi lebih baik dan  dapat menjadi wadah bagi seluruh pemuda yang ada di setiap daerah di Indonesia.

Pada tahun 2018 juga akan kembali dilaksanakan kegiataan kirab pemuda yang terbagi dalam 2 (dua) sesi. Yang pertama, sesi untuk kirab pemuda lokal yang akan diikuti ratusan pemuda dan akan mengelilingi seluruh pelosok daerah yang ada di provinsi masing masing. Kemudian akan ada satu orang perwakilan yang akan mengikuti kirab pemuda nasional selama delapan bulan yang akan mengelilingi 34 provinsi di Indonesia.

 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
adits
Fotografer: 
adits