Wakil Gubernur Abdul Fatah Meresmikan Berkah Mart Karya Timur Bersinar

Air Mesu Timur-Wakil Gubernur Abdul Fatah Meresmikan Berkah Mart Karya Timur Bersinar di desa Air Mesu Timur, Jumat (29/11/16). Bumdesa karya timur bersinar merupakan salah satu bumdesa yang mendapat bantuan keuangan gubernur sebesar 100jt untuk program berkah mart Tahun 2019.

Abdul Fatah dalam sambutannya mengatakan berkah mart ini didirikan agar bisa mengendalikan harga-harga sembilan bahan pokok untuk masyarakat desa. Masyarakat desa air mesu timur harus memberikan dukungan dan menjaga berkah mart ini menjadi besar.

Menurut Wagub ada beberapa keuntungan berbelanja di berkah mart selain lokasinya dekat barang yang dicari lengkap dan harga yang relatif murah sesuai dengan harga yang ditetapkan oleh peraturan Menteri Perdagangan.

" Agar kebutuhan masyarakat desa terpenuhi Bumdesa air mesu timur harus melakukan kerjasama dengan bumdesa desa lain yang mempunyai kearifan lokal yang berbeda.

Dari 309 desa di Bangka Belitung ada 272 desa yang sudah membentuk bumdesa. Ini harus kita pacu agar desa yang belum membentuk bumdesa bisa segera membentuk,"tegasnya.

Abdul Fatah berpesan jaga tata niaga dan kestabilan harga sehingga menjadi tumpuan masyarakat desa air mesu timur dan Pemerintah Provinsi selalu mensupport kegiatan bumdesa untuk kemajuan desa.

Sementara Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh mengatakan kegiatan ini harus melangkah kedepan dan berkah mart bisa menjadi pasar bagi petani dalam memasarkan hasil perkebunannya. Kabupaten Bangka Tengah siap berkolaborasi mengembangkan usaha-usaha desa sehingga dapat menghasilkan keuntungan dan membantu masyarakat desa.

Sebelumnya Hasanudin, Kepala Desa Air Mesu Timur menyambut baik adanya program bantuan gubernur ini sehingga bumdesa karya timur bersinar terus dapat berkarya dan mendirikan usaha-usaha yang baru untuk menambah penghasilan asli desa sehingga dapat memajukan desa air mesu timur.

Hasanudin juga menjelaskan penjualan di berkah mart ini sudah dilengkapi dengan sistem  yang nantinya akan terkoneksi langsung dengan sistem yang ada di Pemerintah Provinsi.

Peresmian berkah mart karya timur bersinar ditandai dengan pemotongan pita, turut hadir Bupati Bangka Tengah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Babel, Camat Pangkalan Baru, Sekretaris Camat Pangkalan Baru, Kepala Desa Air Mesu Timur, Direktur Bumdesa Air Mesu Timur, Ketau RT dan Masyarakat desa Air Mesu Timur.

Sumber: 
DPMD Babel
Penulis: 
Ratna