Wakil Gubernur Hadiri 3rd IMT-GT Green Council Meeting Di Banda Aceh

Banda Aceh - Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Abdul Fatah memimpin delegasi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada acara The 3rd IMT-GT Green Council Meeting and Related bertempat di Hermes Hotel, Banda Aceh pada hari Kamis (09/08). Dalam pertemuan tersebut, Wakil Gubernur didampingi oleh Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Budiman Ginting, Kepala Biro Perekonomian Setda Saimi, dan Kepala Bidang Infrastruktur dan Kewilayahan Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Supianto.

Wakil Gubernur mengungkapkan bahwa pertemuanĀ ini bertujuan untuk memacu pembangunan ekonomi di provinsi dan negara bagian yang berpartisipasi di negara Indonesia, Malaysia dan Thailand. Menurut Wakil Gubernur, para pemimpin di tiga negara tersebut telah menekankan perlunya tindakan individu dan kolektif yang berkelanjutan untuk mengurangi dampak pembangunan terhadap lingkungan, termasuk meningkatkan resiko yang ditimbulkan akibat perubahan iklim.

"Para pemimpin tersebut telah mengarahkan untuk mengembangkan kerangka kerja pengembangan urban berkelanjutan (sustainable urban development) untuk kota-kota IMT-GT. Implementasi rencana aksi tersebut dapat membuka peluang investasi baru dengan kota-kota IMT-GT yang hijau dan ramah lingkungan serta menyediakan sumber pertumbuhan yang kuat," jelas Wakil Gubernur.

Menurut Wakil Gubernur, IMT-GT sekarang mengelaborasi konsep yang diusulkan untuk pembangunan perkotaan yang berkelanjutan yang dapat diterapkan di sub-kawasan dan berpotensi untuk negara anggota lain dari anggota ASEAN. "Ini juga bertujuan dengan upaya ASEAN yang lebih besar dan mengembangkan kota-kota yang berkelanjutan." ujar Wakil Gubernur.

Sebagai langkah awal adalah akan dikembangkan dan dikelola untuk menilai status dan prioritas pembangunan yang ada di kota, kabupaten dan provinsi di Indonesia, Malaysia dan Thailand. "Dari data tersebut, selanjutnya adalah menyajikan ketentuan rancangan kerangka kerja akhir untuk masukan lebih lanjut. Selanjutnya hasil dari lokakarya dan ketentuan kerangka kerja akan dipresentasikan dalam Green Council MeetingĀ ketiga untuk pengesahan di Banda Aceh pada 9 Agustus 2018," tutup Wakil Gubernur.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Ahmad Fauzan Syahzian