Wakil Gubernur Hadiri Acara Puncak Gerakan Indonesia Membaca Di Desa Air Mesu Pangkalan Baru

Air Mesu – Acara Puncak Gerakan Indonesia Membaca dengan tema menumbuhkembangkan Budaya Baca Masyarakat Menuju Bangka Tengah Cerdas di Era Digitalisasi dilaksanakan di Pondok Pesantren Nurul Fallah Desa Air Mesu, Pangkalan Baru Bangka Tengah, pada Selasa (07/11/2017).

Kegiatan Gerakan Indonesia Membaca ini dilaksanakan bertujuan selain untuk menambahkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa juga untuk meningkatkan budaya literasi bagi masyarakat dan sekolah serta untuk meningkatkan potensi dan sumberdaya manusia serta meningkatkan minat baca bagi masyarakat.

Dalam acara tersebut dihadiri oleh Direktur Jendral Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Bapak Ir Haris Iskandar, Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung  Drs. H.  Abdul Fattah, M.Si dan Bupati Bangka Tengah Ir. H. Ibnu Shaleh, M.M.

Dalam sambutannya, Wakil Gubernur yang dalam hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Drs. H. M. Sholeh, M.M mengharapkan kepada seluruh orang tua dan guru untuk membimbing anak anak untuk diajari gemar membaca supaya menjadi generasi yang cerdas. “Dalam kesempatan yang berbahagia ini saya mengharapkan kepada seluruh orang tua dan guru, mari kita bimbing anak-anak kita untuk diajari gemar membaca agar anak-anak kita menjadi generasi yang cerdas dan bertakwa,” kata M.Sholeh.

Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengharapkan agar Pemerintah Daerah dan masyarakat untuk membuat perpustakaan di daerah masing-masing.” Saya mengharapkan kepada pemerintah daerah dan masyarakat untuk membuat perpustakaan di daerahnya masing-masing, sebab perpustakaan dapat memberikan kesediaan bahan bacaan yang murah, lengkap dan berkualitas pada anak-anak dan masyarakat,“ harap M. Sholeh. Selain itu Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menghimbau kepada masyarakat  untuk memanfaatkan tekhnologi smartphone atau komputer berbasis data internet, untuk megakses informasi yang positif.

Bupati Bangka Tengah Ir. H. Ibnu Shaleh dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas kehadiran  Bapak Ir. Haris Iskandar selaku Direktur Jendral Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia  dan ucapan terima kasih kepada Gubernur Kepulauan Bangka Belitung atas dukungannya sehingga kegiatan puncak acara Gerakan Indonesia Membaca Kabupaten Bangka Tengah dan pemecahan rekor MURI bisa berjalan dengan baik.

Kegiatan ini di ikuti oleh sekitar 7027 peserta siswa se-Kabupaten Bangka Tengah yang terdiri dari siswa SD sebanyak 1.320 peserta, siswa SMP sebanyak 1.802 peserta, siswa pondok pesantren sebanyak 2.174 peserta, siswa TPA sebanyak 1431 peserta serta Mahasiawa STKIP Muhammadiyah sebanyak 300 peserta.

Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan pemecahan rekor MURI khatam Al-quran dan terjemahannya sebanyak 114 kali dengan 6666 peserta , serta santunan kepada anak yatim sekabupaten bangka tengah  oleh BAZNAS Bangka Tengah kepada 558 anak yatim.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Hery Setiyono
Fotografer: 
Hery Setiyono