Wakil Gubernur Hadiri Peluncuran KM. Sabuk Nusantara

PANGKALPINANG - Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Abdul Fatah, secara langsung menghadiri peluncuran KM. Sabuk Nusantara pada Senin malam (04/09), bertempat di Galangan PT. Pahala Harapan Lestari, Ketapang, Pangkalbalam.

Wagub menyampaikan peluncuran kapal perintis merupakan keniscayaan bagi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pasalnya kapal akan memperlancar akses barang dan jasa dan dan di sisi lain Bangka Belitung merupakan daerah kepulauan yang memerlukan transportasi laut untuk menghubungkan antar pulau.

"Suatu keharusan bagi daerah Bangka Belitung untuk memberikan akses transportasi laut karena Bangka Belitung merupakan daerah kepulauan," terang Wakil Gubernur.

Optimalisasi dalam bidang perkapalan dapat memberikan pengaruh positif bagi ketahahan pangan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat apabila ditunjang oleh sektor kelautan yang maksimal. Jika dilihat perkembangan sektor maritim, SDM Bangka Belitung telah mampu bersaing dalam industri perkapalan. Dan salah satu indikatornya adalah SDM Bangka Belitung dapat membuat kapal sendiri.

"Saat ini SDM Babel telah mampu bersaing dengan daerah lain dalam dunia perkapalan. Diharapkan ke depan terus dikembangkan secara optimal dan berkelanjutan agar mampu bersaing pada tingkatan yang lebih tinggi," harap Wakil Gubernur.

Wagub mengatakan dengan adanya industri perkapalan ini  dapat memacu semangat bagi penerus bangsa untuk terus berkarya, serta memberikan peluang kepada mereka untuk terus mengembangkan potensi keahliannya.

Pada kesempatan yang sama, Irwan Rudyanto selakuk Direktur PT. Pahala Harapan Lestari mengatakan spesifikasi kapal yang dibuat memiliki panjang 62 meter, lebar 12 meter serta tinggi keseluruhan 14 meter. Kapal tesebut juga dapat dipergunakan untuk mengangkut barang (kargo) dalam upaya menjangkau daerah pedalaman.

Sebagai pelaku usaha, Irwan merasa bangga bahwa kapal pesanan Kementerian Perhubungan ini dapat memberikan kontribusi kepada pembangunan di Bangka Belitung. Dan diharapkan Babel dapat berbicara di level yang lebih tinggi.

"Bersama pemerintah daerah kami terus berjuang untuk menciptakan tenaga terampil melalui dunia pendidikan," kata Irwan.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Erwin
Fotografer: 
Erwin