Wakil Gubernur Menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Pahlawan Ke-72

PANGKALPINANG – Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan yang ke- 72 Tahun 2017, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melaksanakan Upacara Bendera di Halaman Kantor Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,Jumat ( 10/11/2017). Dalam kegiatan tersebut Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Drs. H. Abdul Fattah, M.Si bertindak sebagai Inspektur Upacara dan Komandan Upacara Komisaris Polisi (Kompol) Andi Rahmadi dari Sabhara Kepolisian Daerah Kepulauan Bangka Belitung.

Upacara Bendera memperingati Hari Pahlawan yang ke- 72 yang juga diperingati secara nasional mengusung tema “Perkokoh Persatuan Membangun Negeri”, dengan peserta upacara dari  Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, unsur TNI dan Polri, serta Pelajar. Tampak hadir di tenda kehormatan para Veteran, pejabat eselon II dan III di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung serta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Drs. H. Abdul Fattah, M.Si dalam membacakan sambutan tertulis Menteri Sosial Republik Indonesia, Khofifah Indar Parawansa menjelaskan  bahwa setiap tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan untuk mengenang jasa para pahlawan perintis kemerdekaan yang telah berjuang untuk kemerdekaan bangsa indonesia sehingga bangsa indonesia sekarang ini telah sejajar dengan bangsa lain.

“Setiap tanggal 10 November kita seluruh bangsa indonesia memperingati Hari Pahlawan mengenang para pendahulu kita, pahlawan perintis kemerdekaan, para pendiri Republik Indonesia. Mereka telah berjuang dengan segenap pikiran, tindakan dan pergerakan politik sehingga saat ini kita semua bisa menikmati hidup di bumi Indonesia sebagai bangsa yang merdeka, yang sederajat dengan bangsa lain untuk menjadikan kemerdekaan sebagai jembatan emas bagi terwujudnya Indonesia yang merdeka bersatu berdaulat, adil dan makmur,“ kata Wakil Gubernur.

Selain itu peringatan hari pahlawan ini juga didasarkan dari pertempuran terhebat dalam sejarah Dekolonisasi Dunia yaitu pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, yang memperlihatkan kepada dunia Internasional perjuangan bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan.

“Pada kesempatan yang baik ini, kami mengajak bagi seluruh lapisan masyarakat untuk terus berjuang, bekerja, berkarya menjadi pahlawan diri sendiri, pahlawan bagi lingkungan, pahlawan bagi masyarakat maupun pahlawan bagi negeri ini, “ tutup Wakil Gubernur mengutip sambutan Menteri Sosial RI.

Dalam Upacara Bendera tersebut, Wakil Gubernur  Drs. H. Abdul Fattah, M.Si memberikan cinderamata kepada 11 (sebelas) veteran, janda veteran yang diserahkan secara simbolis yang diwakili 1 (satu) orang veteran dan 2 (dua) janda veteran dari Kota Pangkalpinang serta 2 (dua) orang janda veteran dari Kabupaten Belitung. Selain itu juga penyerahan hadiah berupa piala, piagam dan perlengkapan sekolah untuk pemenang Olimpiade Pahlawan Indonesia Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2017.

Selesai Upacara Bendera Hari Pahlawan dilanjutkan dengan ziarah dan tabur bunga serta upacara kehormatan di Taman Makam Pahlawan.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Hery Setiyono