Wakil Gubernur: Peringati Hari Lahir Pancasila, Tingkatkan Kepedulian Terhadap Sesama

Pangkalpinang – Seluruh Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, pada hari Senin (4/6) melaksanakan upacara bendera di halaman kantor Gubernur Kepulauan Bangka Beliting dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila yang jatuh setiap tanggal 1 Juni.

Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Abdul Fatah bertindak selaku pembina upacara menyampaikan bahwa bangsa Indonesia yang telah merdeka selama 73 tahun menjadikan Pancasila sebagai ideologi negara. Wakil Gubernur juga menyampaikan bahwa Pancasila merupakan berkah dari Yang Maha Kuasa untuk bangsa Indonesia yang dihasilkan oleh para pendiri bangsa.

“Pancasila adalah berkah indah yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa kepada kita semua, melalui renungan pergulatan pemikiran dan kejernihan batin the founding fathers Indonesia,” ujar  Wakil Gubernur.

Pancasila pertamakali diuraikan secara jelas pada tanggal 1 Juni 1945, kemudian dituangkan ke dalam Piagam Jakarta pada tanggal 22 Juni 1945 dan dirumuskan secara final pada tanggal 18 Agustus 1945.

Pancasila merupakan pemersatu dari segala perbedaan dan juga berperan sebagai falsafah dasar yang menjadi fondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil, dan makmur.

Menurut Wakil Gubernur, bangsa Indonesia sebagai bangsa majemuk sampai sekarang terus menjaga semangat persatuan yang merupakan pilar utama dalam kehidupan dalam berbangsa dan bernegara.

“Kita harus terus menerus bersatu, memperkokoh semangat Bhinneka Tunggal Ika. Kita harus bersatu dalam upaya untuk menjadi bangsa yang kuat, bangsa yang besar, dan bangsa pemimpin,” pesan Wakil Gubernur.

Wakil Gubernur berharap masyarakat Indonesia selalu menumbuhkan rasa sikap saling peduli terhadap sesama. Bertepatan dengan momen bulan suci Ramadan diharapkan kepedulian tersebut dapat semakin ditingkatkan.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
khalimo
Fotografer: 
khalimo