Wakil Gubernur Resmikan Taman Lanjut Usia

PANGKALPINANG -  Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Drs. H. Abdul Fatah, M.Si  beserta  Ibu Laksmi  Darmayanti  Abdul Fattah menghadiri Bakti Sosial Bagi Lanjut Usia dan Peresmian Taman Lanjut Usia yang bertempat di Panti Sosial Lanjut Usia Bakti Kasih Siti Ana Gerbang Selindung Pangkalpinang, pada Sabtu (11/11/2017).

Kegiatan ini dilaksanakan untuk mempererat persaudaraan  dan menumbuhkan rasa cinta pada para orang tua serta lansia serta juga dalam rangka peresmian  taman lanjut usia  sebagai wahana rekreasi dan silaturahmi.

Dalam acara tersebut hadir Kepala Dinas Sosial Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Azis Harahap serta perwakilan dari BAZNAS Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Bangka Belitung, perwakilan dari CSR PT Angkasa Pura II dan diikuti oleh kurang lebih 300 orang peserta yang merupakan orang tua lanjut usia dinas sosial kabupaten/kota,pengurus masjid, kelompok pengajian , pekerja sosial  masyarakat  TKSK serta kelompok peduli lanjut usia.

Dalam sambutannya, Ibu Laksmi Darmayanti Abdul Fattah selaku Wakil Ketua 1 (satu)  Tim Penggerak PKK Provinsi  Kepulauan Bangka Belitung menyampaikan bahwa pemerintah berharap para lansia manusia yang tangguh.”Yang dimaksud lansia tangguh adalah seseorang atau kelompok lansia yang berumur di atas 60 tahun yang masih sehat, mandiri, aktif dan produktif,“ terang Laksmi Darmayanti.

Selain itu, Ibu Wakil Gubernur juga berharap kepada para generasi muda untuk selalu menjaga dan mengayomi para lansia dengan cinta kasih dan selalu membangkitkan gairah dan semangat para lansia.

Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Abdul Fatah mengajak para lansia untuk saling menyapa dan membangun pikiran dengan positif. “Hari ini kita berbagi kebahagiaan dan saling menyapa. Mari bangun pikiran bahwa semua akan memasuki usia lansia, akan tetapi yang muda muda juga akan sama nantinya (memasuki usia lansia). Oleh karena itu mari kita saling berbagi saling menyapa mengapa kita berada disini,“ ungkap Wakil Gubernur.

Wakil Gubernur menyampaikan salam dari Gubernur dan Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kepulauan Bangka BElitung yang tidak bisa hadir dan berpesan kepada Ketua Yayasan Santa Familia Bhakti Kasih Siti Ana untuk selalu menjaga Taman Lansia ini.

“Saya juga sekaligus menghaturkan salam dari Bapak Gubernur dan Ketua Tim Penggerak PKK  Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Saya berharap taman lansia ini tetap terus dijaga," ujar Wakil Gubernur.

Dalam kegiatan tersebut diserahkan bantuan secara simbolis yaitu bantuan dana rehabilitasi rumah lanjut usia sebanyak 30 unit di 3 (tiga) kabupaten/kota senilai Rp 450 juta. Bantuan tersebut rinciannya adalah untuk Kabupaten Bangka Selatan sebanyak 10 (sepuluh)  unit rumah, Kabupaten Bangka Tengah  sebanyak 10 (sepuluh) unit rumah,Kabupaten Bangka sebanyak 10 (sepuluh) unit rumah dengan  masing-masing untuk wilayah tersebut adalah Rp 150 juta.

Selanjutnya BAZNAS Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyerahkan bantuan modal usaha bagi 7 (tujuh) orang lanjut usia potensial sebesar Rp 10.500.000,- dengan masing-masing orang memperoleh Rp.1.500.000,-. Kemudia PT TASPEN menyerahkan aksebilitas alat bantu 10 (sepuluh) buah kursi roda dari, bantuan subsidi bagi Panti Sosial Lanjut Usia Siti Ana Rp 39.600.00,-, sarana ibadah berupa mukenah, kepada 52 (limapuluh dua) orang ibu-ibu lanjut usia, Baju Koko dan Sarung kepada 37 (tiga puluh tujuh) orang lanjut usia laki- laki dan bantuan aksebilitas alat bantu berupa kursi roda sebanyak 34 (tigapuluh empat) bagi lanjut usia dan Rumah Ibadah.

Selanjutnya penyerahan aksesibilitas alat bantu kursi roda sebanyak 39 (tigapuluh sembilan) buah dari CSR PT Angkasa Pura II  Kepada Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang diwakili oleh Wakil Gubernur.

Setelah selesai acara penyerahan bantuan secara simbolis, Wakil Gubernur Drs. H. Abdul Fattah bersama Ibu Laksmi  Darmayanti  Abdul Fattah menggunting balon yang menandai diresmikannya Taman Lanjut Usia.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Hery Setiyono
Fotografer: 
Hery Setiyono