Wakil Ketua Dekranasda Babel Menghadiri Rakernas Dekranas 2018

Jakarta -  Wakil Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Hj. Laksmi Abdul Fatah mrnghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Dekranas Tahun 2018, bertempat Ruang Serbaguna Kantor Kementerian Pertahanan RI. Gd. Jendral A.H. Nasution, lantai 16, Jalan Merdeka Barat Nomor 13-14, Jakarta Pusat, Kamis (27/9).

Rakernas yang mengambil Tema "Terus Berkreasi Menuju Kriya Nusantara Yang Lebih Berkualitas" itu dibuka oleh Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional Hj. Mufidah Jusuf Kalla, didampingi Ketua Harian Erni Tahjo Kumolo.

Ketua Dekranas menyampaikan peran dekranas dalam pembangunan untuk mendukung kemandirian ekonomi dengan misi yaitu menyiapkan regenerasi, meningkatkan daya saing
dan meningkatkan hubungan, kerjasama kementerian lembaga dan daerah. Kerjasama tersebut dilakukan melalui sinergitas dan koordinasi antar dekranas, juga instansi pendukungnya.

Pada saat sekarang Dekranas mempunyai program prioritas yaitu Pembinaan dan Pengembangan Tenun di 6 Daerah yaitu Tuban JawaTimur, Donggala Sulawesi Tengah, Cual Bangka Belitung, Sintang Kalimantan Barat, Ulap Doyo Kalimantan Timur dan Sabu Nusa Tenggara Timur.

Ditemui usai Rakernas, Wakil Ketua Dekranasda Bangka Belitung, Hj. Laksmi Abdul Fatah mengatakan bahwa Dekranas Pusat siap untuk mendampingi pelaku usaha yang ada di Bangka Belitung. Untuk itu dirinya berharap agar para pelaku usaha di Bangka Belitung untuk tetap bersemangat dan mampu menyesuaikan dengan selera masyarakat dan pasar.

"Dengan memperkuat desain, packaging dan menjaga kualitas, produk Bangka Belitung bukan hanya bisa bersaing di pasar nasional tetapi juga internasional, " jelas Laksmi. 

Sementara itu Kepala Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang juga Ketua Harian Dekranasda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Sunardi yang ikut hadir pada Rakernas Dekranas 2018 memaparkan mengenai program apa saja yang akan dilakukan oleh Dekranas Pusat, Dekranasda Provinsi maupun Kabupaten Kota.

"Pada Rakornas ini juga memunculkan wacana Dekranas Award sebagai motivasi bagi Dekranasda. Saat ini Bangka Belitung fokus pada pengembangan kain cual dan batik dengan mendukung pengembangannya baik tata pembentukan serta kreasinya. Dan Dekranasda Bangka Belitung bekerja sama dengan berbagai pihak salah satunya adalah menggandeng Bank Indonesia, " jelas Sunardi. 

Rakornas Dekranas 2018 ini diikuti oleh seluruh Pengurus Dekranas dan Ketua Dekranasda Provinsi, Kabupaten/Kota se-Indonesia. Terlihat Ketua Dekranasda Kabupaten Bangka Selatan Hj. Eka Justiar, Ketua Dekranaada Kabupaten Belitung Hj. Asmara Sahani Saleh, Ketua Dekranasda Kabupaten Belitung Timur Hj. Susy Siswari Yuslih Ihza, Ketua Dekranasda Kabupaten Bangka Barat Hj. Anisa Parhan, serta Ketua Harian Kabupaten Bangka Tengah dan Kota Pangkalpinang. 

Dalam rangka HUT Dekranas ke-39, Dewan Kerajinan Nasional menyelenggarakan 3 (tiga) rangkaian kegiatan besar yaitu Pameran KriyaNusa 2018 pada tanggal 26-30 September 2018, Rapat Kerja Nasional (Rakernas) tanggal 27 September 2018, dan Tuan rumah evaluasi penjurian World Craft Council (WCC) Award 2018 pada tanggal 24-27 September 2018. 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Lulus