Wakil Menteri Agama RI Tutup STQN XXII

Bangka Tengah.  STQ Nasional XXII ditutup Wakil Menteri Agama Nasaruddin Umar kamis ( 29/8 ) tadi malam di Koba Kabupaten Bangka Tengah.  Penutupan ditandai dengan penekanan sirene  yang menggema di stadion Koba.  Wakil Menteri agama Nasaruddin Umar  memuji pelaksanaan STQ Nasional  di Bangka tengah  serta sambutan masyarakat Bangka Belitung  yang berhasil membuat para peserta  merasa nyaman berada di Negeri Serumpun Sebalai. STQ Nasional XXII  Insya Allah akan membawa berkah, wabilkhusus di daerah ini  memang hasinya tidak terlihat satu dua hari. Tetapi satu hari nanti saya yakin di Bangka Belitung, khususnya Kabupaten Bangka Tengah  ini, akan lahir Qori-Qoriah terbaik yang akan menjadi  duta-duta Indonesia di kancah  Internasional, “ ujar Nasaruddin.

Sementara itu ketua Harian STQ yang juga Bupati Bangka Tengah, Erzaldi Rosman menyatakan pelaksanaan STQ Nasional XXII  di Bangka Tengah berjalan sukses dan lancar.  Erzaldi pun menyampaikan  rasa terimakasih terhadap dukungan semua pihak, mulai  Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, panitia jajaran pemerintah  daerah, Kafilah STQ dari berbagai daerah  hingga masyarakat.  Acara penutupan kegiatan yang digelar sejak tanggal  22 agustus itu  turut dihadiri Plt Gubernur Bangka Belitung H. Rustam Effendi, Sekda Babel Imam Mardi Nugroho, Ketua DPRD Bangka Tengah  Adet Mastur, pejabat daerah, pimpinan TNI- Polri di Bangka Belitung, perwakilan kepala daerah dari berbagai provinsi serta para tamu undangan lainnya, mereka tampak merasakan suasana meriah petutupan STQ Nasional XXII.

Dalam acara penutupan STQ Nasional XXII di Koba Kabupaten Bangka Tengah kamis ( 29/8 ) malam di mulai pertunjukan Grup Rabana dari Desa Pedindang dilanjutkan pembacaan ayay-ayat Suci Alquran  yang dibacakan qori-qoriah terbaik  juara MTQ nasional dan internasional.

Pada STQ Nasional XXII di Koba, Provinsi DKI Jakarta menjadi juara umum, peringkat kedua diraih Provinsi Kepulauan Riau, peringkat ketiga ditempati Provinsi Papua Barat, posisi keempat menjadi milik Provinsi Banten, sementara gelar peringkat kelima  sekaligus diraih Provinsi Jawa tengah dan Kalimantan Timur.

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang menjadi tuan rumah belum masuk 10 besar, kendati demikian prestasi qori-qoriah  Bangka Belitung cukup memuaskan. Tiga orang utusan Bangka Belitung berhasil meraih juara harapan. Mereka adalah  Doni,  juara harapan I dengan jumlah nilai 95,67. Pada perlombaan golongan 1 juz   Tilawah anak-anak. Thalib,  juara harapan III pada golongan lomba 10 juz dengan nilai 96.50, serta Rodiah  juara harapan II di cabang lomba 10 juz  dengan nilai 96,50. Selesai  penutupan STQN masyarakat Bangka Belitung khususnya di lingkungan Kabupaten Bangka Tengah dihibur dengan Wali Band, yang mana sejumlah penonton tampak ada yang pingsan  karena berdesak-desakan saat menonton pertunjukan Wali Band, tetapi demikian hal tersebut tidak mkenyurutkan antusias para penonton untuk menyaksikan hiburan tersebut. ( Adv Effd )

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Effendi
Fotografer: 
Effendi
Editor: 
Effendi