Walidata Jadi Pembahasan Rakor Kominfo

MUNTOK--Menuju Indonesia satu data, Dinas Dinas Komunikasi dan Informatika memiliki peranan yang sangat penting dalam penyampaian berbagai informasi kepada masyarakat termasuk informasi tentang data-data yang ada di pemerintah daerah. Untuk itu dalam Rapat Koordinasi Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bersama dengan Diskominfo se-provinsi sepakat membahas lebih dalam mengenai peran Diskominfo sebagai walidata.

Darwis Sitorus, Kepala Badan Pusat Statistik Babel terus mendorong agar seluruh data punya satu data yang secara sistematika akan dilakukan dan dibina oleh Diskominfo Provinsi.
"BPS akan melakukan pembinaan sektoral untuk meningkatkan  data statistik bagi OPD dengan program BPS "Babel Bekisah kek OPD ". Jelas Darwis saat  Rapat Koordinasi Kominfo se-Provinsi Bangka Belitung di Hotel Pasadena, Muntok Kabupaten Bangka Barat hari ini 08/03/2018.

Lebih lanjut Darwis mengatakan Data Sektoral sangat penting yang dapat digunakan untuk pembangunan daerah, data dapat digunakan sebagai perencanaan dasar untuk mengambil kebijakan dan perumusan target kinerja dapat terukur selain itu data pembangunan juga dapat dijadikan dasar dasar proyeksi untuk indikator pembangunan wilayah.

Adapun data yang dapat dipergunakan antara lain data kependudukan, data ekonomi, data inflasi, pertumbuhan ekonomi, dan data tingkat kemiskinan.

Sejauh ini ada beberapa latar belakang masalah mengenai kualitas data yang terjadi di masing masing OPD seperti, OPD tersebut belum mengetahui keinginan yang jelas dalam menghasilkan data, belum adanya kode referensi tunggal terhadap dua data base dari masing masing OPD, selain itu juga rendahnya integritas data metode pengumpulan data yang tidak standar.

Darwis berharap agar Diskominfo Provinsi dapat menangani data, dengan langsung menjemput bola agar program Indonesia satu sata dapat terealisasi dengan sukses.

 

 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Evani/Suci Lestari
Fotografer: 
Adi Tri Saputra/Huzari
Editor: 
Irwanto