Warga Diimbau Bayar Pajak Tepat Waktu

Riau Silip – Warga diimbau melakukan pembayaran pajak tepat waktu. Penertiban pembayaran pajak terus dilakukan Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Hari ini, Selasa (19/5/2015) petugas menggelar razia kendaraan di Kecamatan Riau Silip,  Kabupaten Bangka, tepatnya di depan rumah sakit umum daerah.

Tak hanya kendaraan telat bayar pajak terjaring razia. Pasalnya DPPKAD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung juga merazia nomor polisi kendaraan bermotor luar daerah dan pemilik kendaraan belum balik nama. Selain aparatur DPPKAD, kegiatan razia ini melibatkan kepolisian daerah, Jasa Raharja dan DLAJJ.

Setiap kendaraan bermotor terjaring razia didata dan diberi surat pernyataan agar segera menyelesaikan administrasi yang disarankan petugas. Oskan Firhan Imami Kepala Seksi Teknis Pajak, Bidang Pajak DPPKAD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengatakan, kegiatan rutin ini dilaksanakan setiap tahun. Razia ini bertujuan menumbuhkan kesadaran masyarakat membayar pajak tepat waktu.

Selama mendata, jelasnya, petugas juga memberikan informasi kepada pengguna kendaraan mengenai proses pembayaran pajak secara mudah. Karena masyarakat dapat melakukan pembayaran pajak melalui mobil Samsat Keliling (SAMLING) yang berkunjung ke daerah dengan jadwal yang telah ditentukan.

“Pengguna kendaraan tidak perlu datang ke Samsat Kabupaten Bangka untuk membayar pajak,” jelasnya, Selasa (19/5/2015).

Lebih jauh ia mengatakan, selain menertibkan pajak kendaraan bermotor, kegiatan razia ini juga bertujuan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Ini merupakan salah satu core business Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Kita ingin meningkatkan pendapatan asli daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,” tegasnya.

Sumber: 
DPPKAD Babel
Penulis: 
Adinda Chandaralela
Fotografer: 
Lisia Ayu Andini
Editor: 
Huzari