Warga Kemuja Junjung Tinggi Budaya Melayu

KEMUJA -  Rangkaian acara Festival Seni Budaya Islam dan Festival Budaya Melayu Bangka Belitung menggelar Diskusi Budaya yang dilaksanakan Senin malam (27/11/2017) di Lapangan Desa Kemuja Kecamatan Mendo Barat Kabupaten Bangka. Giat ini tampak sangat meriah dihadiri warga Kemuja dan sekitar.

Dalam diskusi budaya tersebut menghadirkan 4 (empat) orang narasumber, yaitu Prof. Ir. Agus Hartoko, Msc (Universitas Bangka Belitung), Ahmadi Sofian (Budayawan), Ian Sancin (Budayawan) dan M. Fadli, S.Pd (Kepala Dinas Pendididikan, Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka). 

Ketika berdiskusi, Ian Sancin menyampaikan tentang menata budaya di Bangka Belitung yang memiliki beragam suku, budaya dan agama serta bagaimana sikap masyarakat menyikapi keragaman budaya yang kaya ini. Dan budaya peringatan Maulid Nabi di Desa Kemuja adalah salah satu cerminan bahwa betapa kayanya budaya lokal di Bangka Belitung. "Oleh karena itu supaya generasi muda harus terus mengingat keragaman budaya Bangka Belitung sebagai filter masuknya budaya asing yang tidak sesuai dengan budaya Indonesia," ungkap Budayawan kelahiran Tanjungpandan ini.

Dalam kesempatan yang sama, Ahmadi Sofian menyampaikan tentang Budaya Melayu yang "kekinian". Menurut Ahmadi, budaya melayu tersebut tidak meninggalkan adat istiadatnya tetapi tidak anti dengan modernisasi, seperti penggunaan alat musik dalam mengiringi lagu-lagu melayu. "Ini agar budaya melayu dapat diterima oleh generasi sekarang," ungkap Ahmadi.

Pandangan dari para narasumber tersebut ditanggapi positif oleh Kepala Dinas Pendidikan, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupten Bangka. Dalam dialog tersebut, M. Fadli menyatakan akan terus mendukung pelestarian budaya di Bangka Belitung, salah satunya melalui kegiatan Peringatan Maulid Nabi yang akan terus dilaksanakan di tahun-tahun berikutnya. 

Tidak hanya itu, bahwa Pemerintah Kabupaten Bangka juga akan terus menambah agenda-agenda pariwisata dan budaya lokal suoaya dapat menjadi daya tarik wisata.

"Agar para pemuda saat ini dapat meneruskan mencintai budaya-budaya melayu di Bangka Belitung," harap M. Fadli. 

M. Fadli menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya atas terlaksananya festival ini. Menurut Fadli keberhasilan acara ini karena dukunga penuh dari masyarakat Kemuja. "Atas nama Pemerintah Kabupaten Bangka, saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung agenda budaya di Kemuja ini. Semoga di tahun-tahun berikutnya acara budaya ini akan semakin meriah," kata M. Fadli.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
nonadp
Fotografer: 
nonadp