Warga Terbantu Keberadaan Samsat Keliling

Pangkalpinang – Selain hemat tenaga, keberadaan mobil Samsat Keliling juga dapat menghemat waktu bagi warga yang ingin melakukan pembayaran pajak. Pengumpulan pajak menggunakan sistem ‘jemput bola’ ini dinilai membantu peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Program  Samsat Keliling bertujuan meningkatkan pendapatan asli daerah dari sektor pajak kendaraan bermotor. Selain aparatur Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, terdapat petugas dari Jasa Raharja, Bank Sumsel dan Ditlantas Polda ikut mobilisasi Samsat Keliling.

Andrey Irwasko Petugas Samsat Keliling DPPKAD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengatakan, Samsat Keliling bertujuan memfasilitasi masyarakat yang jauh dari kantor Samsat agar dapat membayar pajak. Istilahnya menjemput bola, namun Samsat Keliling hanya bisa melayani pembayaran pajak saja.

“Untuk pelayanan seperti balik nama kendaraan ataupun pemutihan hanya bisa dilakukan di Samsat Kabupaten Bangka,” jelasnya, Rabu (20/5/2015).

Jadwal Samsat Keliling, Kamis 21 Mei 2015 bertempat di Bakam. Selanjutnya, Selasa 26 Mei 2015 di Air Gegas Bangka Selatan, dan 28 Mei 2015 bertempat di Simpang Rimba Bangka Selatan. Mobil Samsat Keliling berada di BTC Pangkalpinang pada tanggal 29 Mei 2015. Untuk saat ini telah beroperasi dua unit mobil Samsat Keliling, satu dioperasikan di Pulau Bangka dan satu unit lagi beroperasi di Pulau Belitung.

“Adanya mobil Samsat Keliling diharapkan dapat meningkatkan pendapatan asli daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,” tegasnya.

Sebelumnya, Selasa 19 Mei 2015 mobil Samsat Keliling telah melayani masyarakat yang ingin melakukan pembayaran pajak di daerah Riau Silip, tepatnya di Kantor Camat Riau Silip. Cukup banyak masyarakat memanfaatkan fasilitas tersebut, sebab masyarakat setempat tak perlu mendatangi kantor Samsat di Sungailiat, Kabupaten Bangka.

Juniarti  warga Riau Silip saat ditemui sedang melakukan pembayaran pajak, Selasa pagi (19/5/2015) merasa sangat terbantu dengan adanya mobil Samsat Keliling. Sebab keberadaan fasilitas tersebut dapat menghemat waktu dan tenaga masyarakat, sehingga tidak perlu membayar pajak ke Kantor Samsat di Sungailiat.

“Kita terbantu, sebab bisa menghemat waktu dan tenaga,” jelasnya.

Sumber: 
DPPKAD Babel
Penulis: 
Lisia Ayu Andini
Fotografer: 
Adinda Chandralela
Editor: 
Huzari