Workshop  KPPU Dalam Mewujudkan Kemitraan Pelaku Usaha Mikro dan Koperasi

Bangka Tengah - Pembukaan workshop pengawasan pelaksanaan kemitraan tingkat provinsi secara resmi dibuka oleh Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Elfiyena, di Hotel Soll Marina, Pangkalan Baru, Kamis ( 09/08/2018 ).

Dalam arahannya dihadapan para pelaku usaha dan Koperasi, Elfiyena menyampaikan kegiatan workshop ini dapat dijadikan kesempatan bagi mereka untuk dapat mendapatkan informasi dan wawasan lebih luas terkait dalam pelaksanaan kemitraan di wilayah Bangka Belitung.

"Mewujudkan kemitraan yang sehat bagi setiap para pelaku usaha, Bagaimana  melakukan kemitraan yang sesuai dengan aturan peraturan sebuah perundang - undangan sehingga mereka merasa lebih nyaman didalam menjalankan kemitraan," papar Elfiyena.

Komisi Pengawas Persaingan Usaha ( KPPU ) merupakan suatu lembaga yang dibentuk oleh Pemerintah dalam melakukan fungsi pengawasan usaha, berdasarkan aturan yang berlaku di dalam pelaksanakan pengawasan kemitraan dilakukan agar dapat mengawasi persaingan usaha sehingga kemitraan para pelaku dan Koperasi dapat berjalan dengan tertib dan teratur.

Selain itu, KPPU juga memiliki tugas khusus serta memiliki wewenang ganda selain menjaga ketertiban juga menciptakan iklim persaingan usaha yang kondusif, meskipun lembaga ini memiliki tugas penegakan hukum, namun tidak berhak menentukan sangsi pidana maupun perdata sifatnya hanya berupa sangsi administratif.

Kemudian, dirinya juga menjelaskan adanya tambahan tugas bagi Satuan Tugas ( Satgas ) Koperasi dalam mengawasi kemitraan para pelaku usaha dan koperasi sehingga kemitraan dapat berjalan dengan baik di dalam membangun ketertiban.

"Dengan adanya workshop ini, semoga wawasan kita terus berkembang serta kedepannya, kemitraan ini dapat bermanfaat dan bertambah baik," harapnya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Firmansyah