Wujudkan Konektifitas Antar Pulau Melalui KM Banawa Nusantara 2

SADAI  –  Langit begitu teduh dan ombak mengalun tenang. Dari kejauhan terlihat Pulau Lepar eksotis menggoda. Begitulah suasana alam perairan Laut Sadai Bangka Selatan menemani rombongan Gubernur Babel Erzaldi Rosman dan Bupati Bangka Selatan Justiar Noor  saat melakukan pelayaran perdana  KM Banawa Nusantara 2 pada Selasa (8/5). Kapal hibah Kementerian Perhubungan  kepada Pemprov Babel itu merupakan hasil perjuangan  mewujudkan terciptanya konektifitas antar pulau di Negeri Serumpun Sebalai.

 “Dengan adanya bantuan kapal ini untuk dapat meningkatkan konektifitas antar pulau walaupun baru tergarap satu jalur. Namun Insya Allah tahun depan kita minta tambah jumlah dan kapasitas kapal untuk ke Belitung. Jadi  nanti Sadai, Pulau Lepar, Pongok, Selat Nasik dan Belitung dapat terkoneksi,” ujar  Gubernur Babel Erzaldi Rosman.

KM Banawa Nusantara 2 mampu menampung 24 penumpang dan 10 ton barang dengan tujuan ke pulau-pulau luar seperti Pongok, Selat Nasik dan pulau sekitarnya. Untuk wilayah Kepulauan Bangka Belitung diungkapkan Gubernur Erzaldi Rosman mendapatkan dua unit bantuan hibah kapal pelayaran rakyat dari Kemenhub. Dimana kapal tersebut ditempatkan di Bangka Selatan dan Belitung.

Hal senada juga disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung K. A Tajuddin,  bahwa  kapal tersebut merupakan bantuan hibah kemenhub tahun anggaran 2017.  “Saat ini kita  dapat dua unit bantuan kapal dan kedepannya jika hasil evaluasi  operasional kapal ini  bagus,  kita upayakan untuk ada penambahan,” tutur Tajuddin.

Kapal perintis ini selain sudah memiliki standar keselamatan yang memadai seperti standar GPS, Karpet, Pemadam kebakaran, Life Jacket, Life Craft dan kondisi kapal  diungkapkan Tajuddin juga  sudah memadai  sesuai standar keselamatanya.

Gubernur Erzaldi  juga mengungkapkan adanya bantuan kapal  ini selain sebagai suatu upaya untuk mewujudkan konektifitas antar pulau sekaligus juga untuk menggerakkan roda perkonomian masyarakat khususnya dalam membantu kemudahan pendistribusian barang yang menjadi kebutuhan pokok masyarakat.

Lebih jauh Erzaldi menjelaskan keberadaan kapal ini juga dapat turut  menunjang industri pariwisata yang ada di Bangka Selatan yang saat ini jumlah kapal yang dibutuhkan untuk pariwisata masih terbatas dan  sekaligus berpesan kepada dinas terkait khususnya dinas pariwisata untuk terus mensosialisasikan mengenai kepariwisataan kepada masyarakat.

“Saya sudah beberapa kali ke Pulau Lepar Pongok dan melihat ada potensi yang bagus untuk pariwisata sehingga dibutuhkan adanya perhatian dari seluruh stakeholder, pemerintah maupun masyarakat untuk mengembangkan potensi pariwisata yang ada di Bangka selatan,” imbau Erzaldi.

Pentingnya sosialisasi secara intens terkait dunia kepariwisataan kepada masyarakat lokal, gubernur menyampaikan bahwa berdasarkan data   bahwa tingkat kunjungan wisatawan baik asing maupun lokal  ke Bangka Belitung setiap tahun mengalami peningkatan.

“Berdasarkan  data kunjungan wisatawan lokal maupun   manca negara  ke Bangka Belitung mengalami peningkatan dimana untuk wilayah Belitung angka kunjungan wisatawan  naik hingga 22 persen dan Pulau Bangka naik 26,7 persen dari tahun kemarin,”   jelas Erzaldi.

Pada kesempatan yang sama, apresiasi atas bantuan kapal  disampaikan oleh Bupati Bangka Selatan Justiar Noor.  Dengan adanya keberadaan kapal dapat memberikan kemudahan akses kepada masyarakat dan  sekaligus mendukung  pertumbuhan ekonomi melalui pariwisata.

“Pemda dan masyarakat Bangka Selatan berterimakasih atas hadirinya kapal yang dapat melakukan penyeberangan ke pulau-pulau kecil dan sekaligus dapat mendukung pariwisata di Bangka selatan mengingat Bangka Selatan memiliki banyak pulau,” kata Justiar.

 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Khalimo/Stevani/Irwanto
Fotografer: 
Khalimo/Irwanto/Sentosa
Editor: 
Irwanto