Wujudkan Mudik Nyaman, Dinas Kesehatan Babel Pastikan Stok Obat Tercukupi

Bangka Tengah - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung drg. Mulyono memastikan ketersediaan obat - obatan menjelang lebaran Idul Fitri 1439 H dipastikan tercukupi.

Hal tersebut disampaikan oleh drg. Mulyono pada acara sosialisasi pelayanan kesehatan menjelang lebaran, yang dilaksanakan Badan Penyelenggaraan Jaminan Kesehatan (BPJS) Pangkalpinang, di Restoran Ukiies, Pangkalan Baru, Senin ( 04/06/2018 ).

"Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada prinsipnya siap menyalurkan obat - obatan, asal syaratnya ada permintaan dari Kota / Kabupaten, sehingga ketika menghadapi lebaran tidak ada lagi kekosongan obat," jelas Mulyono.

Selain itu, pengawasan dan pemantauan setiap tahun dilakukan Dinas Kesehatan Provinsi untuk memastikan ketersediaan obat-obatan pada setiap Kabupaten / Kota serta bagaimana bentuk pelayanan kesehatan yang diberikan.

"Pemantauan bukan hanya dilakukan terhadap ketersediaan obat - obatan dan fasilitas kesehatan (faskes), namun kita juga ikut serta memantau posko yang didirikan bersama pihak terkait untuk memberikan pelayanan kesehatan," terangnya.

Mulyono mengakui Bangka Belitung masih kekurangan tenaga medis apalagi pada saat menghadapi lebaran. Oleh karena itu untuk mengantisipasi kekurangan tenaga medis, Dinas Kesehatan juga mempersiapkan hal tersebut di seluruh Kabupaten/Kota dengan mendirikan Pos Kesehatan untuk mengantisipasi terhadap kejadian yang bersifat situasional.

"Sinergi dengan berbagai pihak untuk mengantisipasi kejadian situasional tersebut. Jika terjadi situasi kedaruratan dapat ditangani secara cepat dan tepat," harap Mulyono.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Erwin Inradio