Yanuar: Pengadaan Barang tidak Sekedar Mencari Harga Murah

PANGKALPINANG -- Yanuar Asisten Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berharap Biro Pelayanan Pengadaan bisa menjalankan peran penting mengawal pembangunan. Dalam hal pembangunan yang mempunyai nilai meningkat usaha mikro.

"Pengadaan barang tidak sekedar mencari harga murah," tegas Yanuar saat membuka acara Sosialisasi dan Pendampingan Penyusunan HPS, KAK dan Kontrak dalam Rangka Pembinaan Pengadaan Barang/Jasa di Lingkungan Pemprov Kepulauan Babel TA 2019, di Hotel Soll Marina, Bateng, Selasa (3/11/2019).

Lebih jauh Yanuar menjelaskan, pengadaan barang dan jasa hendaknya merujuk pada aspek kualitas barang yang dibelanjakan. Selain itu, pengadaan barang dan jasa hendaknya didahului dengan perencanaan yang baik.

Menurut Yanuar, jika perencanaan sudah dilakukan secara baik, maka dalam pengadaan barang juga akan baik. Hal ini semua untuk menghindari temuan dikemudian hari. Sebab biasanya temuan berawal dari perencanaan kurang baik.

Penjabat pengguna anggaran terlibat langsung dalam proses perencanaan pengadaan dari awal hingga proses akhir. Yanuar menambahkan, harus ada pemahaman yang sama dalam proses pengadaan barang jasa tersebut.

Kegiatan ini merupakan momentum tepat untuk membuat perencanaan dengan baik. Yanuar menyarankan agar peserta bisa bertanya dengan narasumber. Sehingga bisa membuat perencanaan yang tidak menimbulkan masalah di akhir tahun.

"Perencanaan harus matang, sehingga tidak ada keluhan atau protes dari penyedia jasa. Sosialisasi ini dapat membimbing melaksanakan kegiatan agar menjadi maksimal," kata Yanuar.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Huzari