Yulizar: Laporkan Aset Negara Secara Akurat

Pangkalpinang – Sebanyak 87 peserta utusan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ikut Bimbingan Teknis (Bimtek) Bendahara/Penyimpan Barang dan Pengurus Barang. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kualitas sumber daya Aparatur Sipil Negara (ASN) membuat laporan inventaris aset negara.

Yulizar Adnan Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berharap peserta bimtek dapat mengimplementasikan Peraturan Pemerintah No 27 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Barang Milik Negara/Daerah. Sehingga laporan pengelolaan barang milik daerah dapat dilakukan secara akurat, normatif dan akuntabel.

“Kegiatan ini bertujuan menyediakan SDM berkualitas dalam membuat laporan pengelolaan barang. Peraturan pemerintah harus dijalankan dengan baik dan benar di masing-masing SKPD, terutama oleh penyimpan dan pengurus barang,” kata Yulizar, di Hotel Santika, Selasa (25/5/2015).

Bimtek yang telah berlangsung sejak kemarin, Senin (25/5/2015) tersebut telah berakhir hari ini, Selasa (26/5/2015). Adapun pemateri bimtek di antaranya, Riris Prasetyo Kasubdit BUMD Direktorat Pemda dan Investasi Daerah, Ditjen Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri dan Rifat Syafitri.

Rifat Syafitri  saat menyampaikan materi di hari kedua pelaksanaan bimtek, Selasa (26/5/2015) menjelaskan mengenai penatausahaan, pembukuan, inventaris dan pelaporan barang milik daerah. Tak hanya itu, sebab sempat pula disinggung mengenai pengamanan, pemeliharaan, pemindahtanganan, pemusnahan dan penghapusan barang milik daerah.

“Aparatur yang bertugas menyimpan dan mengurus barang dapat mengimplementasikan peraturan pemerintah. Semua itu bertujuan agar ke depan laporan mengenai barang milik daerah menjadi akurat dan akuntabel,” harapnya.

Sumber: 
DPPKAD Babel
Penulis: 
Fatwa Omaya
Fotografer: 
Agusri
Editor: 
Huzari