Zuardi: Pemda Diamanatkan Menyusun Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah

Pangkalpinang – Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 32 mengamanatkan bahwa “Negara memajukan kebudayaan nasional Indonesia di tengah peradaban dunia dengan menjamin kebebasan masyarakat dalam memelihara dan mengembangkan nilai-nilai budayanya”.

Atas dasar tersebut, disusunlah Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang  Pemajuan Kebudayaan yang merupakan penjabaran lebih lanjut dari amanat pemajuan kebudayaan nasional Indonesia.

Demikian disampaikan Kepala Bidang Kebudayaan pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Zuardi terkait dasar penyusunan Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD), pada rapat Penyusunan PPKD yang diadakan di Ruang Bidang Kebudayaan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,  Selasa (2/10/2018).

Zuardi menjelaskan pedoman pemajuan kebudayaan terdapat dalam Pasal 8 UU No.5/2017.

“Dalam Pasal 8 UU No.5/2017 menyebutkan bahwa Pemajuan Kebudayaan berpedoman pada Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah Kabupaten/kota, Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah Provinsi, Strategi Kebudayaan, dan Rencana Induk Pemajuan Kebudayaan,” jelasnya.

Pasal tersebut, lanjut Zuardi, memberikan amanat pada Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota dan Pemerintah Provinsi untuk menyusun dokumen-dokumen perencanaan pemajuan kebudayaan berupa Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah.

“Pasal 8 UU No.5/2017 itu memberikan amanat kepada Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota  dan kita sebagai Pemerintah Provinsi untuk menyusun dokumen-dokumen perencanaan pemajuan kebudayaan berupa Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah dan kemudian dirangkum dalam dokumen Strategi Kebudayaan dan Rencana Induk Pemajuan Kebudayaan oleh Pemerintah Pusat,” lanjutnya.

Kepala Seksi Seni dan Tradisi, Sulfa Kalsum mengatakan bahwa dalam rangka penyusunan PPKD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Disbudpar Babel telah menerima PPKD dari 6 Kabupaten/Kota se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Untuk menyusun PPKD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dinas kita sudah menerima PPKD dari 6 Kabupaten/Kota se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, yakni Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka, Kabupaten Bangka Tengah, Kabupaten Bangka Selatan, Kabupaten Bangka Barat, dan Kabupaten Belitung Timur,” kata Sulfa.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Ernawati Arif (Pranata Humas Disbudpar Babel)