Kejuaraan Dunia MXGP 2018, Ini Kesempatan Membuat Babel Semakin Dikenal

JAKARTA -- Pelaksanaan kejuaraan dunia MXGP 2018 tinggal menghitung hari. Sejumlah sarana dan prasarana sudah mulai dipersiapkan untuk menyambut kehadiran kroser tingkat dunia di Bangka Belitung. Sekitar 27 hektare lahan dipersiapkan untuk sirkuit yang bakal dijajal kroser tanggal 29 Juni hingga 1 Juli mendatang.

Diperkirakan akan terjadi peningkatan jumlah kunjungan wisatawan ke Bangka Belitung saat menggelar event tersebut. Untuk mengantisipasi hal ini, Sriwijaya Air  Group akan mengakomodasi peningkatan penumpang selama event berlangsung. Sedangkan untuk memudahkan masyarakat, telah menggandeng tiket.com sebagai official partner.

Judiarto PT Arena Sirkuit Internasional yang ditunjuk menjadi event organizer oleh Youthstream dan IMI menjelaskan, Indonesia dipercaya menggelar event ini dikarenakan mempunyai potensi. Indonesia merupakan negara satu-satunya di Asia terpilih untuk menggelar MXGP. Saat pelaksanaan event ini nantinya diyakini kebanyakan hotel di Pangkalpinang full booking.

Diperkirakan ada sekitar 2000  wisatawan mancanegara bakal berkunjung ke Bangka Belitung. Menurut Judiarto, Pangkalpinang dipilih sebagai tempat menyelenggarakan event dikarenakan mendapatkan dukungan dari kepala daerah. Pasalnya Bangka Belitung ingin mengadakan event nasional hingga internasional. 

"Pelaksanaan event MXGP tahun lalu ada sekitar 67 ribu penonton masuk ke Pangkalpinang. Sementara target hanya 50 ribu penonton," kata Judiarto saat konferensi pers di Resto Rumah Kayu Ancol, Kamis (7/6/2018).

MXGP Motocross Word Champions 2018 digelar dua seri sekaligus di Indonesia. Seri pertama di Pangkalpinang, Bangka Belitung. Sedangkan seri kedua akan dimulai tanggal 8 Juli mendatang. Terdapat 20 seri ini sehingga ketangguhan kroser telah teruji di segala medan. Saat di Belgia dan Belanda kroser menjajal lintasan berpasir.

Selain itu saat di Perancis, kroser harus melintasi medan tanah liat. Lain halnya di Argentina, karena kroser menghadapi sirkuit tanah vulkanik. Tak kalah menantang sirkuit di Bangka Belitung. Pasalnya event serupa di tahun sebelumnya banyak kroser mengatakan kerasnya medan sirkuit di belakang GOR Sahabuddin Babel tersebut.

"Kami berharap dukungan semua lapisan masyarakat agar kegiatan internasional motocross ini dapat berlangsung sukses dan lancar. Karena kesuksesan acara MXGP 2018 di Indonesia ini dapat menjadi parameter Indonesia sebagai salah satu destinasi wisata otomotif bertaraf internasional," jelasnya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Huzari
Fotografer: 
Huzari