Unit Informasi dan Layanan Sosial (UILS) bagi Penyandang Disabilitas dan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial

Unit Informasi dan Layanan Sosial (UILS) adalah kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Sosial Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bagi Penyandang Disabilitas. Untuk saat ini, kegiatan UILS masih berkonsentrasi pada Penyandang Disabilitas Mental/Orang dengan Gangguan Jiwa yang sudah menjalani proses rehabilitasi medis dengan baik.

Masih banyaknya stigma negatif di lingkungan masyarakat menjadi salah satu penghambat bagi para Penyandang Disabilitas Mental yang telah menjalani rehabilitasi medis untuk kembali beraktivitas secara aktif di masyarakat. Tidak sedikit bahkan dari mereka yang masih kembali mengalami gangguan jiwa hanya karena ketidaksiapan dan ketidakpahaman  keluarga dalam merawat mereka, misalnya saja pemantauan dalam mengolonsumsi obat secara teratur, atau bahkan lingkungan sosial yang tidak siap dalam menerima mereka.

Di UILS para penyandang disabilitas mental ini diajak berkegiatan dengan tujuan untuk bersenang-senang, dapat berkarya, menjadikan mereka ceria, mengembalikan kepercayaan diri mereka dan diharapkan menjadi bekal bagi mereka untuk dapat mengembalikan keberfungsian sosial dengan baik.

Kegiatan di UILS tidak lepas dari dukungan para Kader Rehabilitasi Sosial Berbasis Masyarakat (Kader RBM) yang terdiri dari unsur Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) dan masih membuka peluang bagi para relawan dari masyarakat untuk ikut serta. Misalnya, program Pengabdian Masyarakat dari STIKES CITRA DELIMA Pangkalpinang yang mengirimkan para mahasiswa dan pegawainya untuk memfasilitasi kegiatan terapi kelompok. Adapula Rumah Sehat BAZNAS Pangkalpinang yang juga ikut dalam pemeriksaan kesehatan dan pemberian info serta pengetahuan tentang kesehatan dan kebersihan kepada para Penyandang Disabilitas Mental. 
Namun, utamanya peran keluarga adalah yang paling penting bagi kembalinya keberfungsian sosial seorang Penyandang Disabilitas. Sehingga, diharapkan keluarga dapat berperan aktif dalam kegiatan ini.

Kegiatan UILS rutin dilaksanakan setiap minggu dari Hari Senin s.d. Jumat dengan kegiatan berbeda setiap harinya, terdiri dari bimbingan keterampilan, bimbingan mental/rohani, kegiatan olahraga dan kegiatan rekreasional.

Kegiatan UILS sendiri di Provinsi Kep. Bangka Belitung masih menjadi kegiatan perintis, dilaksakan di sebuah rumah kontrakan di Jl RE Martadinata (sebelah SD MIN) Kota Pangkalpinang. Para pelaksana mengharapkan di kemudian hari UILS semakin berkembang dan bisa dilaksanakan di masing-masing kabupaten dan kota di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Selain itu, pelayanan yang diberikan pun tidak hanya bagi Penyandang Disabilitas Mental tetapi juga Penyandang Disabilitas dari kategori lainnya bahkan untuk Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) lainnya. Selain itu, diharapkan pula perhatian lebih dari pemerintah daerah untuk kegiatan positif seperti ini agar lebih terakomodir dengan baik.

Penulis: 
Dwi Ratna Laksitasari (Pekerja Sosial Ahli Pertama)
Sumber: 
Dinsos Babel

Artikel

11/09/2019 | Dinas Kominfo
20/08/2019 | Novita Frahesti Ade Wijaya/Perencana Bappeda Babel
11/07/2019 | Perencana Bappeda Provinsi Kep. Babel
04/05/2016 | Muhammad Irwan Effendi, ST, Fungsional Pengendali Dampak Lingkungan Ahli Pertama

ArtikelPer Kategori