Tim Galanita Putri U-15 Babel Juarai Piala Putri Nusantara 2017, Haryoso : Selamat!

PANGKALPINANG – Tim Galanita Putri U-15 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berhasil menjadi juara Piala Putri Nusantara 2017 setelah berhasil mengalahkan Tim Papua dengan skor 4-1 pada pertandingan final di Stadion Gelora Bumi Kartini, Jepara Jawa Tengah, Selasa (14/3/3017). Hal ini merupakan kebanggaan bagi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam dunia persepakbolaan.

Kompetisi Piala Putri Nusantara 2017 ini bersifat undangan atau invitasi yang diikuti oleh 10 Asosiasi Provinsi, yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, D.I Yogyakarta, Papua, Banten, Riau, Bangka Belitung dan Papua Barat.

Saat ditemui di Ruang Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Haryoso, SH, selaku ketua Asprov PSSI Bangka Belitung, berbagi cerita dimana beliau turut hadir dalam momen kemenangan tersebut dalam rangka mewakili Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Dengan keadaan yang singkat sejak mendapatkan informasi mengenai kejuaraan tersebut, beliau mengatakan bahwa awalnya kesulitan untuk menyeleksi pemain. “Kami tawarkan ke tujuh Asosiasi kabupaten/kota PSSI. Saat itu yang siap adalah asosiasi Kabupaten PSSI Beltim. Kami tunjuklah mereka, karena dalam persiapan yang singkat kurang lebih satu minggu, ada perubahan regulasi, dimana harus berusia 15 tahun dengan ditambah hanya 5 pemain senior,” ungkapnya. 

“Pada penyisihan, Galanita Putri Babel menang dua kali melawan Jawa Timur dan Jogja, kemudian sempat draw pada saat melawan DKI. Saat semi final, Galanita Babel menang 6-2 melawan Jawa Barat, yang akhirnya masuk final untuk berhadapan dengan Papua, dan mendapatkan kemenangan dengan score 4-1,” sambung Haryoso.

Ia mengungkapkan bahwa kejuaraan ini juga menjadi ajang seleksi Galanita usia 15 tahun, untuk memperkuat Tim Nasional Putri U-15 yang akan dikompetisikan pada tingkat Asean. Rencananya acara tersebut akan digelar di Laos 8-20 Mei 2017. Untuk tim dari Babel ini akan ada 7 pemain yang diharapkan akan lolos untuk bertanding di Laos nanti, beber Haryoso.

Tanggal 21 Maret nanti, Tim Galanita Babel akan diundang oleh Gubernur untuk makan malam bersama. “Untuk masalah bonus, kami akan berkoordinasi dengan KONI, karena ini sudah menjadi atlit yang berprestasi ke tingkat nasional,”ujarnya.

“Saya ucapkan terimakasih kepada Tim Galanita Babel yang sudah mengharumkan nama Babel, dan mudah-mudahan ini akan berlanjut dikemudian hari untuk lebih memajukan nama Babel. Sekali lagi saya ucapkan selamat.” Tutup Haryoso. (K5)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Khalimo Tabarani
Fotografer: 
Khalimo Tabarani
Editor: 
Noviansyah